fbpx

Ini Dia Cara Memelihara Kuda Laut dalam Akuarium yang Benar

Cara Memelihara Kuda Laut

Sudah tahukah anda cara memelihara kuda laut dalam akuarium secara tepat? Yuk simak penjelasan berikut.

Mungkin terdengar aneh namun tidak mustahil untuk dilakukan. Memelihara kuda laut dalam sebuah akuarium di rumah akan menjadi hal baru dan menarik. Kuda laut termasuk jenis ikan yang juga bisa dibudidayakan.

Hewan ini cukup menarik karena memiliki bentuk tubuh yang unik. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, perhatikan tips dan cara memelihara kuda laut dalam akuarium berikut ini. Anda akan menemukan sebuah hobi baru yang cukup menyegarkan.

Cara Memelihara Kuda Laut dalam Akuarium

Ikan yang satu ini disebut dengan kuda laut karena memiliki bentuk kepala yang mirip dengan kuda. Kuda laut terbilang mudah dirawat namun agak sedikit sulit untuk diternakkan. Berikut cara yang bisa dilakukan supaya ikan hias ini bisa tumbuh dengan baik.

1. Mempersiapkan Akuarium

Sebelum Anda memutuskan membeli sebuah kuda laut, persiapkan dahulu Akuarium yang akan ditempatinya. Perhatikan suhu air, pH dan kondisi air akuarium. Jangan memberikan arus terlalu kencang karena kuda laut memiliki tubuh yang sangat lunak.

Hewan ini dapat terombang-ambing karena arus tersebut yang dapat menyebabkan stress dan kematian. Sesuaikan suhu air dengan suhu tubuh kuda laut terlebih dahulu. Disarankan untuk tidak memasukkan kuda laut ke dalam akuarium begitu saja sebelum disesuaikan suhu tubuhnya.

Tipsnya adalah dengan memasukkan kantong plastik kuda laut yang Anda peroleh dari toko hewan ke dalam akuarium. Setelah beberapa saat, kuda laut pasti sudah menyesuaikan suhu tubuhnya. Anda dapat langsung membuka ikatan kantong plastik dan melepaskan kuda laut.

2. Memilih Benih Sehat

Kuda laut yang tumbuh sehat berasal dari benih yang baik. Ciri-ciri bibit kuda laut yang sehat adalah memiliki bentuk tubuh baik dan sempurna, gerakan lincah, tidak ada cacat. Selain itu juga memiliki warna terang dan bagus.

Anda juga bisa melihat nafsu makannya untuk mengecek kesehatannya. Bibit kuda laut dengan nafsu makan yang baik merupakan bibit yang sehat.

3. Memperhatikan Pemberian Pakan

Cara memelihara kuda laut dalam akuarium adalah memberikan makanan sesuai takaran kebutuhan. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Makanan yang paling tepat adalah plankton, serangga berukuran kecil atau pakan buatan yang dijual di pasaran.

Kuda laut merupakan hewan yang cara makannya sangat lambat. Mereka akan mencerna makanan pelan-pelan. Oleh sebab itu, hindari meletakkan ikan hias lain dalam satu akuarium karena dikhawatirkan kuda laut akan kekurangan makanan.

4. Hindari Dua Jantan dalam Satu Akuarium

Kuda laut merupakan hewan yang sangat sensitif terkait wilayah kekuasaan. Hewan ini akan berjuang mempertahankan wilayahnya meskipun harus berkelahi. Oleh sebab itu, hindari meletakkan dua kuda laut jantan dalam satu akuarium.

Sebab, bisa dipastikan mereka akan berkelahi. Kedua kuda laut ini tidak akan berhenti sampai salah satunya mati. Oleh sebab itu, jangan sampai salah membeli jenis kelamin kuda laut.

Pengetahuan dasar dalam cara memelihara kuda laut dalam akuarium adalah mengetahui jenis kelamin kuda laut Untuk membedakan antara kuda laut jantan dan betina sebenarnya sangat mudah.

Kuda laut jantan memiliki kantung anak di perut bagian bawahnya. Kantung ini berfungsi untuk membesarkan anak-anaknya. Sedangkan, kuda laut betina tidak memiliki kantung di perutnya.

Memiliki kuda laut di rumah merupakan kebanggaan tersendiri. Hewan yang satu ini selain unik juga jarang dimiliki di rumah-rumah pada umumnya.

Itulah mengapa hewan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil dengan hobi sedikit berbeda. Lagi pula, cara memelihara kuda laut dalam akuarium juga tidak terlalu sulit. Jadi, apakah Anda tertarik?

Leave a Reply

0
Scroll to Top