fbpx

8 Jenis Anjing Pelacak dalam Tugas Kepolisian

Tugas kepolisian tak pernah lepas dari anjing pelacak. Mau tahu apa saja jenis anjing pelacak itu?

Kepatuhan anjing pada manusia sudah tidak diragukan lagi. Contohnya saja dalam membantu mendeteksi berbau kriminal. Penciumannya memang sangat sensitif dan lebih tajam.

Mengapa demikian? Sebab, hewan tersebut indera penciumannya selalu basah. Selain itu salah satu rongga hidungnya khusus mengalir ke arah saraf penciuman bau.

Sel penciumannya 50 lipat dibanding manusia. Bahkan ukuran luas bagian hidungnya untuk mengenali bau sekitar 130 cm persegi. Sehingga indera tersebut mampu menemukan hal-hal yang manusia tidak dapat lihat.

Nama Jenis Anjing Pelacak Polisi

Tidak sembarang anjing bisa masuk ke dalam satuan kepolisian. Sama halnya manusia yang mau menjadi polisi harus ada tesnya. Hewan-hewan ini dilatih terlebih dahulu. Pelatihnya pun menyeleksi mereka berdasarkan kemampuannya.

Kemudian, satwa tersebut dimasukkan ke dalam divisi masing-masing. Ada yang khusus tim SAR, peledak, narkotika, kriminal umum, penyelamatan, pengendalian, pelacakan, dan menghalau masa.

Berikut jenis anjing pelacak dalam membantu penegak hukum:

1. Doberman Pinscher

Jenis anjing pelacak pertama adalah doberman pinscher. Berat badannya sekitar 30 kg ini selalu bersemangat dan pintar. Postur badannya yang ramping membuat larinya lebih kencang. Hewan ini juga sangat mudah dilatih, asal ada objek yang membuat tertarik.

Tipe anjing ini sangat bertanggung jawab ketika diberi tugas. Wataknya yang loyalitas ini membuat tuannya sangat percaya terhadap apapun. Kekurangannya dia tidak suka kedinginan.

2. Labrador Retriever

Hewan yang kelihatan lucu ini mempunyai penciuman yang tajam. Dia mampu mendeteksi adanya bom. Di sisi lain bisa juga menemukan obat-obat terlarang meskipun disimpan di mana manusia tidak melihatnya. Bahkan yang paling keren dapat menemukan barang selundupan. Jadi pantas jika tipe anjing ini menjadi tim pelacak.

3. German Sheperd

Bentuk badannya besar. Coraknya coklat dan ada hitamnya sedikit. Flora satu ini sangat pandai, sehingga dia mudah menangkap apa yang disampaikan instrukturnya. Binatang yang mempunyai telinga agak besar ini tahan terhadap segala tantangan. Maka dari itu para polisi mempercayakannya dalam bertugas.

4. Great Dane

Salah satu jenis bulunya yang hitam nan halus menjadikan great dane terlihat sangar. Akan tetapi hewan ini mendapat julukan raksasa lembut. Dia bisa menjaga anak-anak dan menganggap manusia adalah pemimpinnya.

Binatang yang berasal dari Jerman ini memiliki kemampuan lari sangat laju. Otaknya yang pintar dengan mudah menyerap perintah pelatihnya. Para polisi pun banyak dibantu hewan ini dalam menjalankan tugasnya.

5. Belgian Malinois

Kelebihan pada jenis anjing pelacak ini sangat membantu manusia. Daya pendengarnya begitu tajam dan indera penciumannya yang kuat, sanggup menolong dalam hal apapun. Misalnya mengendus adanya narkotika, senjata tajam, menemukan korban penculikan, dan menyelamatkan dalam bencana alam.

6. Bullmastiff

Anjing ini mempunyai bentuk wajah yang bulat. Kekuatan fisiknya cukup tangguh. Binatang agak pendek ini sering mendeteksi para penyusup. Dia akan mengendus-endus setiap orang yang mencoba masuk di daerah sedang dijaganya. Dengan begitu area yang ada hewan ini bisa aman.

7. Rottweiler

Penegak hukum sering menggantungkan nasibnya ketika masa bertugas. Sifatnya agresif mampu mengalahkan lawannya meskipun memiliki tubuh yang kecil. Kelebihan lainnya ada rasa proteksi di dalam jiwanya dan daya tahan tubuh yang kuat.

8. Bloodhound

Ciri-cirinya mempunyai telinga agak besar. Ada kerutan di leher dan atas kepala. Indera penciumannya yang sangat tajam. Tugasnya dalam penegak hukum sebagai misi penyelamatan. Dia termasuk hewan cerdas sehingga memahami instruksi-instruksi pelatihnya.

Binatang besar ini selalu penasaran dalam waktu pelatihan. Akan tetapi mamalia ini kondisi fisiknya tidak begitu kuat. Dia hanya mampu bertugas setengah hari.

Jenis anjing pelacak tidak selamanya dikontrak masa kerjanya. Masa kerjanya selama lima tahun. Mereka akan direkrut di satuan kepolisian pada usia 1-2 tahun. Apabila sudah menua, sedang hamil, dan tidak sehat lagi mereka akan dipensiunkan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top