Terancam Punah, Ini 5 Jenis Kucing Hutan yang Dilindungi!

Kucing menjadi hewan yang paling banyak dipelihara di rumah-rumah layaknya kambing. Hal ini karena kucing cenderung memiliki tabiat yang baik dengan tingkah yang menggemaskan. Selain itu, kucing juga sangat bersahabat dengan manusia. Meskipun banyak dipelihara, namun ada lho beberapa jenis kucing yang ternyata sangat dilindungi, yakni kucing hutan. Jika Anda ingin tahu, yuk simak beberapa jenis kucing hutan yang dilindungi, antara lain:

5 Jenis Kucing Hutan yang Dilindungi

Ada banyak jenis kucing hutan yang dilindungi keberadaannya, beberapa di antaranya adalah:

1. Blacan

Kucing blacan adalah salah satu jenis kucing hutan yang berada dalam ambang kepunahan. Coraknya yang eksotis mirip dengan cheetah membuat kucing blacan banyak dicari oleh para penggemar kucing. Tak hanya eksotis, kucing yang satu ini memiliki keahlian memanjat, berenang, bahkan termasuk dalam golongan hewan nocturnal.

2. Kucing Emas Asia

Jenis kucing hutan kedua adalah kucing emas asia atau sering kali disebut dengan Temminick. Kucing ini memiliki ciri fisik mirip singa dengan panjang sekitar 66 hingga 105 cm dan berat sekitar 9 hingga 15 kg. Sayangnya kucing yang satu ini juga berada dalam ancaman kepunahan sehingga keberadaannya harus dilestarikan.

3. Merah Kalimantan

Kucing merah kalimantan disebut juga dengan Bornean Bay Cat. Hewan ini memiliki ciri khas bulu yang berwarna coklat kemerahan dengan tubuh yang ramping dan bagian kepala yang lebih pucat daripada tubuhnya.

Baca Juga:

Makanan Terlarang Untuk Kucing

4. Kucing Bakau

Kucing bakau menjadi salah satu jenis kucing liar yang terancam punah karena habitatnya yang terganggu dengan kegiatan manusia. Binatang ini memiliki corak bulu yang eksotis dengan membentuk titik-titik kecil di badannya.

5. Macan Dahan Kalimantan

Meskipun namanya macan, namun macan dahan kalimantan masih tergolong jenis kucing hutan. Sekarang jumlahnya sudah langka. Kucing ini memiliki ciri khusus dengan bulu berwarna abu hitam membentuk corak mirip awan atau totol besar. Kakinya pendek dengan telapak lebar dan ekor yang cukup panjang.

Demikianlah beberapa jenis kucing hutan yang dilindungi karena terancam kepunahan. Selain karena proses alam, kepunahan seekor binatang juga disebabkan oleh kualitas habitatnya yang sangat berhubungan dengan manusia. Oleh karena itu, yuk jaga habitat hewan agar tidak mengganggu kelestariannya!

Leave a Reply

0
Scroll to Top