Tak Perlu Lahan Luas, Begini Cara Menanam Merica yang dapat Dilakukan di Rumah!

Merica atau lada adalah rempah yang juga dijadikan bumbu dapur untuk berbagai masakan. Rasanya yang pedas namun memberi kesan hangat terkadang digunakan sebagai pengganti cabai.
Tidak hanya di Indonesia, negara barat pun selalu membutuhkan merica dalam setiap makanan mereka. Inilah sebabnya Indonesia secara konsisten mengekspor bumbu dapur ini ke negara lainnya.
Cara menanam merica pun mudah dilakukan, tidak begitu memerlukan lahan besar untuk membudidayakannya.

Langkah Menanam Merica

Sebagai rempah yang sering dikonsumsi banyak orang, merica memiliki harga ekonomi yang tinggi. Pasarnya pun cukup luas, jadi sangat cocok sebagai komoditas unggulan. Agar Anda dapat membudidayakannya, berikut cara menanam merica.

1. Syarat penanaman

Meski dapat tumbuh di berbagai lahan di Indonesia, penanaman merica juga memiliki syarat tumbuh, yaitu:

  • Curah hujan untuk tanaman merica adalah sebanyak 2.500 – 3.000 mm/tahunnya.
  • Sebaiknya tanaman mendapat cahaya matahari minimal 10 jam per hari.
  • Suhu udara minimalnya 24-35 derajat celcius.
  • Sebaiknya pH minimal 5-7, dengan ketinggian tempat 300 – 1.500 mdpl.

2. Pembibitan

Pemilihan bibit juga harus diperhatikan. Pilih bibit yang bebas dari hama dan penyakit, dan pastikan berasal dari tanaman merica yang sehat.
Pembibitan merica dapat dilakukan secara generatif, yaitu melalui biji. Tetapi pembibitan yang dinilai paling efektif adalah dengan cara setek batang. Tanaman juga dapat ditanam di dalam polybag.

4. Persiapan lahan

Apabila sudah memilih bibit yang bagus, jangan lupa siapkan lahan untuk menanamnya.
Lakukan penggemburan tanah dengan membuat lubang sedalam 40 sentimeter dengan memberi jarak masing-masing lubang 2 meter. Tambahkan juga tanah humus serta pupuk kandang agar tanah mengandung unsur hara. Kemudian biarkan tanah selama satu minggu.

5. Penanaman merica

Waktu yang lebih baik jika bibit merica ditanam saat musim penghujan dan agar bibit baru tidak terpapar teriknya matahari, penanaman lebih baik dilakukan pada pagi atau sore hari.
Setelah bibit ditanam di lahan, pupuk tanah menggunakan pupuk kompos dan lakukan penyiraman.

Nah, begitulah cara menanam merica secara mudah. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemupukan ulang serta penyiraman agar tanaman merica tumbuh subur.

Leave a Reply

0
Scroll to Top