Mudah, Begini 4 Cara Menanam Jahe Merah Ala Rumahan

Jahe adalah sejenis rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan manusia baik untuk bumbu masakan, minuman, hingga untuk ramuan pijat. Banyak ramuan asli lokal yang sering kali menggunakan jahe karena manfaatnya yang membuat tubuh menjadi hangat. Jahe sendiri memiliki banyak jenis, namun yang memiliki manfaat cukup banyak untuk manusia adalah jenis jahe merah. Jenis yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk menghangatkan badan, menghindari radang usus, sakit kepala, batuk, dan lain sebagainya. Tertarik memiliki tanaman jahe merah sendiri di rumah? Yuk simak beberapa cara menanam jahe merah yang benar berikut ini.

4 Cara Budidaya Jahe Merah dengan Polybag

Ada beberapa cara menanam jahe merah yang harus Anda lakukan dengan benar dan teliti, antara lain:

1. Pembibitan

Cara pertama adalah melakukan pembibitan. Anda bisa mendapatkan bibit pada petani lain maupun toko pertanian. Setelah memiliki bibitnya, maka lakukan pengecambahan dan penyemaian sebelum penanaman.

2. Penanaman

Untuk menanam jahe rumahan, Anda bisa menanamnya di polybag. Tanam dengan cara memasukkan bibit pada lubang tanah/ pasir penanaman dalam polybag. Kemudian tutup kembali lubangnya. Setelah ditanam, sebaiknya Anda tidak langsung menempatkan di ruang terbuka tanpa atap naungan sampai umur 2 setengah bulan.

3. Pemeliharaan

Pada proses pemeliharaan, Anda perlu melakukan penyiraman pada saat sore hari terutama saat tidak ada hujan. Selain penyiraman, Anda juga perlu melakukan penyiangan atau penggemburan tanah ketika sudah banyak rumput yang tumbuh dalam tanah.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, Anda juga perlu melakukan pemupukan pada jahe dan mengendalikan hama maupun penyakitnya.

4. Panen

Jahe merah bisa dipanen pada umur sekitar 10 bulan. Ciri-ciri tanaman siap panen adalah ketika tanamannya terlihat tua dengan batang dan daun yang telah mengering. Jika sudah muncul ciri-ciri tersebut, anda bisa memanennya.

Demikianlah 4 cara menanam jahe merah yang benar dan mudah dengan menggunakan polybag. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan tanaman Anda dengan melakukan pengecekan setiap hari untuk mengontrol pertumbuhannya. Selamat mencoba, semoga tanaman jahe di rumah bisa tumbuh subur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online