Ada Harga Ada Rupa, Ini 6 Jenis Kelinci Hias Termahal

Ternyata ada lho jenis kelinci hias termahal. Bahkan, harganya mencapai jutaan rupiah.

Apakah anda termasuk penyuka kelinci? Sudah tahukah kelinci ada dua kategori? Kelinci ada yang hanya untuk dikonsumsi dan hanya untuk dipajang di rumah. Akan tetapi, sebenarnya tidak ada penggolongan kelinci.

Karena hewan ini semua jenisnya sama-sama dipelihara. Hal itu untuk memudahkan manusia dalam menyebut jenis-jenis kelinci jika ingin memeliharanya. Maka dari itu, orang-orang membaginya dalam dua kategori.

Golongan kelinci pedaging hanya untuk dikonsumsi saja. Sebab, hewan vivipar satu ini memiliki daging yang banyak dan halus. Berbeda dengan Golongan kelinci hias di mana hanya untuk dipelihara saja sekaligus disertakan pada ajang kompetisi. Dagingnya pun kurang nikmat disantap. Jadi penasaran kan dengan jenis kelinci hias?

Yuk simak pembahasan di bawah ini tentang jenis kelinci hias termahal.

Jenis Kelinci Hias Termahal

Kelinci yang hanya dijadikan pajangan di rumah, biasanya dilombakan dikompetisi. Perawatannya pun sangat berbeda dengan jenis pedaging. Contohnya membersihkan kandang yang harus bersih setiap hari. Selain itu perhatikan asupan makanan yang tepat.

Harganya pun bermacam ada yang murah dan mahal. Nah berikut jenis hewan kelinci hias termahal:

1. Lop

Jika anda umumnya melihat telinga kelinci panjang ke atas, berbeda dengan jenis kelinci satu ini. Telinganya lebar dan panjang serta jatuh ke bawah. Bulunya panjang hampir menyelimuti seluruh tubuhnya.

Bobotnya sangat berat karena hewan ini gemuk, tapi ukurannya kecil. Mempunyai wajah yang bulat dan lucu. Jadi mirip boneka kan? Hewan ini juga memiliki bulu yang halus dan lembut. Pemakan herbivora ini suka dengan akar-akaran juga lho.

2. English Spot

Warna bulu pada binatang menggemaskan ini begitu menarik. Seluruh tubuhnya putih dengan garis lurus hitam di punggungnya. Sampingnya hitam bertotol-totol. Kupingnya yang gelap panjang ke atas.

Mulutnya dan hidungnya pun seperti menyatu yang dilingkari warna hitam. Matanya seperti panda, ada lingkaran hitam yang mengitari penglihatannya. Binatang yang berasal dari Inggris ini begitu antusias dalam beraktifitas.

3. Netherland Dwarf

Jenis kelinci hias termahal ini memiliki ukuran terkecil dibanding yang lainnya. Tanda yang bagus pada si mungil ini semakin kecil telinganya. Hewan ini masih jarang dijual karena harganya yang mahal. Selalu perhatikan dalam menjaganya, karena banyak predator yang mengincar.

Tetapi hewan ini benci untuk dikurung. Sesekali biarkan bermain-main di luar kandang dengan penjagaan yang ketat. Supaya tidak ada tekanan dalam jiwanya. Binatang ini pun sangat aktif.

4. Anggora

Jenis hewan putih ini terbagi 4 jenis. Ada satin, perancis, inggris, dan giant. Sesuai namanya dari empat variasi tersebut, giant memiliki bobot yang paling berat sekitar 10 kg. Binatang asal Turki ini memakan konsetrat ampas tahu.

Dalam menjaga kebersihan kandang semprot pembasmi kuman penyakit. Untuk menjaga tubuhnya dari penyakit berilah vitamin. Binatang mungil ini mempunyai bulu yang hampir menutupi matanya. Pipinya terlihat agak gembil. Warna bulunya ada putih, hitam, dan cokelat.

5. Dutch

Keunikan dari jenis hewan kelinci hias termahal ini terletak pada warna bulunya. Pada tubuhnya warnanya terbelah menjadi dua. Bagian depannya berwarna putih, sedangkan belakangnya ada yang hitam atau coklat.

Warnanya menyatu di bagian telinga, mata, dan samping muka menyatu. Wataknya yang keibuan menunjukkan dia sayang pada jenis lainnya. Jenis ini termasuk digandrungi banyak orang.

6. Lion

Kelinci Lion mempunyai bulu panjang yang lebat. Harga pasaran jenis kelinci ini kisaran 2 jutaan untuk usia dewasa. Telinganya pendek dan banyak bulu di mukanya. Wajar kan jika diberi nama kelinci singa. Cocok juga nih jadi peliharaan.

Itulah beberapa jenis kelinci hias termahal. Jika anda ingin memeliharanya perhatikan juga asupan makanannya. Kebanyakan orang mengetahui bahwa hewan lucu ini sumber makanannya 100 persen wortel.

Faktanya rumput merupakan sumber makanan yang harus banyak diberikan. Sisanya pallet kelinci dan sayuran lainnya. Selamat memelihara!

Leave a Reply

0
Scroll to Top