Mengenal 10 Jenis Merpati Hias Termahal

Memelihara merpati cantik memang sedang menjadi trend saat ini. Aneka bentuk dan warna bulu membuat orang rela merogoh kocek dalam-dalam. Selain untuk kesenangan pribadi, mengembangbiakan untuk dijual kembali juga cukup menjanjikan penghasilannya. Tak perlu lama lagi, yuk, berkenalan lebih dalam mengenai memilih jenis merpati hias termahal.

Jenis Merpati Hias Termahal

Berikut jenis-jenis merpati hias termahal paling banyak diminati. Beberapa berasal dari luar negeri, namun karena tingginya permintaan pasar, banyak peternak dalam negeri yang membudidayakannya.

1. Merpati Kipas

Merpati kipas cukup populer di Indonesia. Banyak pecinta merpati yang memelihara. Alasannya tiada lain karena ekornya yang cantik dan unik, seperti kipas. Selain itu, perawatannya juga tidak terlalu rumit.

Siapkan pagupon berukuran kurang lebih 50 cmx80cmx50cm untuk seekor merpati kipas. Jika lebih seekor, maka beri sekat. Kemudian untuk makanan bisa diberikan beras merah, milet putih, voer, atau jagung. Sementara minumnya air bersih sebanyak 2 kali sehari.

2. Merpati Jabun Melati Kupu

Ingin merpati hias yang sederhana dan anggun? Jabun Melati Kupu Jawabannya. Merpati ini hanya memiliki satu warna putih polos. Secara fisik paling menonjol adalah matanya yang merah ke hitam-hitaman.

Sementara perawatannya tidak memerlukan perlakuan khusus. Silahkan melepasnya di luar pagupon dengan tenang. Sebab burung ini memiliki daya ingat pulang cukup kuat.

3. Merpati Gondok Plangkok

Sesuai namanya, merpati ini memiliki tonjolan di bagian leher. Bertubuh panjang dengan bulu cukup lebat. Perpaduan warna putih dan coklat pada bulu membuatnya begitu menawan.

4. Merpati Modena

Suka merpati hias yang lucu menggemaskan? Modena pilihannya. Berpostur tubuh gemuk padat dengan panjang sekitar 25 cm. Ditambah lagi, warna bulunya dominan putih dan sedikit warna-warni pada bagian sayap serta ekor.

5. Merpati Lahore

Merpati ini berasal dari negara Pakistan, namun peternak lokal sudah banyak yang mengembangbiakan. Ciri khas merpati Lahore bulunya berwarna putih dari leher sampai ekor bagian bawah, sementara bagian atas hitam.

6. Merpati Blacknum

Merpati Blacknum memiliki banyak sekali penggemar. Pasalnya, merpati ini begitu jinak dan cantik. Bulu kepala dan lehernya berwarna hitam. Sementara tubuhnya berwarna putih. Postur tubuhnya yang kecil membuat sang pemelihara nyaman untuk memegang.

7. Merpati Capucin

Siapa tak tergoda memiliki merpati hias satu ini. Bulunya berwarna blorok cantik. Kemudian terdapat bulu jambul padat yang tumbuh dari kepala hingga leher. Secara fisik sungguh terlihat mewah.

8. Merpati Carrier

Merpati ini merupakan varietas yang berasal dari Inggris. Dulunya difungsikan sebagai pembawa berita atau surat. Namun sekarang sudah sepenuhnya menjadi merpati hias. Bentuk tubuhnya ramping dan terlihat begitu tangguh.

9. Merpati Moven

Merpati Moven mulai dikembangbiakan di Jerman sejak 300 tahun lalu. Memiliki bulu terbalik (frillnback) dengan perpaduan warna hitam-putih polos. Keunikannya, merpati ini berjambul lebar disertai rose set (bulu terbalik di belakang telinga sehingga membentuk unyeng-unyeng).

10. Merpati Chinezze Owl

Meski berukuran kecil, namun merpati hias ini menjadi primadona. Merpati Chinezze Owl memiliki bulu leher yang tumbuh ke arah atas layaknya kerah baju. Kemudian bawahnya membentuk renda. Secara keseluruhan fisik merpati ini memang sangat cantik. Tak heran harganya bisa sampai jutaan rupiah.

Jadi, apa jenis merpati hias termahal yang membuat Anda tertarik untuk ditambahkan ke pagupon? Soal harga cukup variatif. Tarif mahal atau murahnya tergantung jumlah ketersediaan dan cara mengembangbiakannya. Semakin sulit diperoleh, tentu harganya lebih tinggi. Namun, semuanya setimpal dengan kecantikan si burung hias.

Leave a Reply

0
Scroll to Top