8 Cara Merawat Landak Mini Hamil Yang Benar

Bagaimanakah cara merawat landak mini hamil yang benar? Yuk simak pembahasannya berikut.

Saat Anda mengetahui landak mini Anda ternyata sudah hamil, Anda pasti sangat gembira. Tapi bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara merawat landak mini hamil agar tetap sehat dan apa saja yang harus atau tidak boleh dilakukan, jangan panik.

merawat landak mini hamil

Anda harus menguasai beberapa tips merawat landak mini hamil. Mereka memiliki beberapa perilaku khusus yang harus dimengerti.

Jangan sampai Anda salah dalam memperlakukannya dan menyebabkan landak mini yang sedang hamil stres. Ini sangat berbahaya karena dapat mengancam keselamatan landak tersebut dan anaknya yang dilahirkan.

Cara Merawat Landak Mini Hamil

Berikut ini adalah beberapa cara merawat landak mini hamil yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda salah langkah dan berakibat fatal.

1. Hindari tempat yang ribut

Landak mini adalah hewan yang rawan stres dan tidak suka dengan tempat yang ribut. Pada saat hamil landak mini dapat ditempatkan di lokasi yang sepi.

Namun bila landak tersebut memang sudah terbiasa dengan lingkungan yang ramai, tidak akan menjadi masalah untuk tetap menempatkannya di keramaian.

2. Memperlakukan landak mini hamil dengan baik

Saat Anda sudah mengetahui bahwa landak mini hamil, jangan memandikannya, mengajak bermain di luar kandang atau memberikannya mainan. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu proses pra kelahiran bayi landak mini.

3. Menyediakan hiding box

Kenyamanan yang terjaga adalah hal penting bagi landak mini. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan hiding box yang dapat digunakan untuk bersembunyi. Hal ini akan membuat landak mini menjadi lebih tenang dan nyaman saat hamil hingga merawat anaknya nanti.

4. Menambah porsi makan

Berikan porsi makan landak mini yang sedang hamil 2 kali lebih banyak dibandingkan biasanya. Hal ini bertujuan agar nutrisi bayi yang sedang dikandung tercukupi dan sehat. Namun jangan terlalu banyak memberikan makanan karena akan berakibat obesitas dan bayi susah untuk dilahirkan.

5. Jangan terlalu sering mengganti serbuk kayu

Hindari terlalu sering mengganti serbuk kayu dalam kandang landak mini yang sedang hamil. Mengganti seruk kayu terlalu sering akan membuat landak merasa stres dan dapat membuatnya memakan anaknya saat sudah dilahirkan atau malas menyusui anaknya.

Untuk mengatasinya, cukup bersihkan saja serbuk kayu yang basah atau terkena kotorannya saja. Bersihkan kandang kurang lebih 3 hari menjelang masa kelahiran karena saat bayi landak mini sudah lahir, kandang tidak boleh dibersihkan selama 3 hingga 4 minggu.

6. Meningkatkan porsi makanan berprotein

Saat landak mulai hamil, berikan porsi makanan yang berprotein lebih banyak lagi. Anda dapat memberikan ulat hongkong sebanyak 10 ekor setiap harinya saat hamil.

Saat 3 hari menjelang masa kelahiran, tingkatkan porsi ulat hongkong menjadi 20 ekor setiap harinya. Cara ini dapat meminimalisir peluang landak mini memakan anaknya saat sudah dilahirkan nanti karena nutrisinya sudah terpenuhi.

7. Jangka waktu kehamilan

Lamanya masa hamil landak mini berkisar antara 35 hingga 39 hari. Namun ada pula yang paling cepat yaitu 33 hari dan paling lama 50 hari. Ini adalah waktu yang relatif singkat dan Anda harus memberikan perawatan yang terbaik.

8. Cara mengetahui landak mini hamil

Bagi Anda yang baru pertama kali memelihara landak mini yang sedang hamil, mungkin Anda masih agak bingung bagaimana mengenalinya. Ciri landak mini hamil adalah perutnya yang keras dan ketat dengan benjolan dan puting yang terlihat lebih jelas.

Cara mengenalinya cukup sulit sehingga Anda harus ekstra siaga sejak masa perkawinan karena jangka waktu kehamilannya yang singkat.

Semoga tips tersebut dapat membantu Anda dan memudahkan cara merawat landak mini hamil. Setelah masa menyusui, berikan jeda landak mini Anda sebelum dikawinkan lagi agar tidak stres dan keadaan rahimnya siap melakukan pembuahan lagi.

Leave a Reply

0
Scroll to Top