Mengenal 5 Jenis Itik Terbaik yang Cocok untuk Dibudidayakan

Salah satu jenis unggas yang banyak dibudidayakan adalah itik yang dikenal pula sebagai bebek. Itik biasanya dibudidayakan baik untuk dikonsumsi dagingnya maupun sebagai bebek petelur. Dari sekian banyak jenis itik yang bisa dibudidayakan, ada beberapa jenis yang unggul baik untuk pedaging maupun petelur.

jenis itik terbaik untuk dibudidayakan

5 Jenis Itik Petelur dan Pedaging Terbaik

Setidaknya ada lima jenis bebek unggulan yang menguntungkan untuk dibudidayakan, yaitu:

1. Bebek alabio

Bebek alabio merupakan jenis pertama yang unggul dan banyak diminati. Jenis itik dari hasil persilangan bebek peking dan bebek Kalimantan ini biasanya dibudidayakan sebagai bebek petelur. Meskipun begitu, banyak juga yang mencoba membudidayakan bebek alabio sebagai bebek pedaging. Produksi telur bebek alabio termasuk lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Setiap satu ekor bebek alabio bisa memproduksi telur hingga 250 butir setiap tahunnya.

2. Bebek Mojosari

Jenis bebek ini diambil dari nama lokal, tempat bebek tersebut berasal yaitu Mojosari yang terletak di Mojokerto Jawa Timur. Bebek mojosari merupakan jenis bebek petelur yang juga diunggulkan karena tingkat produksi telurnya sama dengan bebek alabio dengan ukuran telur lebih besar.

3. Bebek raja

Jenis itik selanjutnya yang unggul dibudidayakan di Indonesia adalah bebek raja yang merupakan hasil persilangan antara bebek peking dan bebek Mojosari. Keunggulan bebek ini terletak pada tubuhnya yang bisa tumbuh dengan cepat. Itik ini juga memiliki daging yang lebih tebal sehingga menjadi bebek pedaging andalan hingga saat ini.

4. Bebek Magelang

Sesuai namanya, itik ini berasal dari Magelang. Ciri khusus yang dimiliki oleh bebek ini adalah adanya garis putih yang mengelilingi leher. Bebek ini merupakan jenis bebek pedaging favorit. Hal ini dikarenakan produksi telurnya lebih sedikit jika dibandingkan bebek lain karena hanya memproduksi hingga 170 butir telur setiap tahunnya.

5. Itik Tegal

Itik Tegal dikenal sebagai itik petelur yang cukup banyak diandalkan karena produksi telurnya yang banyak dan berkualitas. Namun karena daging itik Tegal lebih gurih, tidak jarang itik ini dibudidayakan sebagai itik pedaging.

Demikian informasi mengenai jenis itik yang unggul untuk dibudidayakan. Anda bisa memilih jenis bebek yang sesuai dengan keperluan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *