4 Bahan Pakan Alternatif Ayam Bersumber Nabati dan Hewani

Bahan pakan alternatif ayam seringkali dibutuhkan oleh para peternak untuk menghemat pengeluaran. Sebab, biaya pakan ayam kemasan pabrik harganya semakin tinggi. Untuk menyiasatinya, jenis pakan alternatif dari bahan alami bisa dimanfaatkan sebagai pakan tambahan. Dengan begitu, ayam tidak akan tergantung pada bahan pakan buatan pabrik. Apa sajakah bahan-bahan yang bisa dijadikan pakan ayam?

bahan pakan alternatif ayam star farm

4 Bahan Pakan Alternatif Ayam

Pakan alternatif untuk ayam dibagi menjadi dua jenis, yaitu bahan pakan yang bersumber nabati atau dari tumbuhan dan hewani yang berasal dari hewan. Berikut ini lima contoh pakan alternatif, yaitu:

1. Jagung

Jagung merupakan salah satu bahan pakan yang banyak digunakan sebagai pakan unggas sehari-hari. Bagi ayam yang dibudidayakan untuk keperluan tertentu, pemberian jagung sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam karena jagung mengandung banyak nutrisi. Dari segi harga pun relatif terjangkau sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk pakan.

2. Dedak

Dedak merupakan hasil dari penggilingan padi. Biasanya disebut juga dengan nama bekatul. Penggunaan dedak atau bekatul bisa sebagai bahan campuran dengan jagung atau bahan lainnya. untuk jenis ayam kampung super, komposisi dedak dalam pangan sebaiknya tidak lebih dari 45%.

3. Ampas tahu

Ampas tahu bisa menjadi bahan pakan alternative ayam yang memiliki nilai gizi cukup tinggi. Kandungan protein yang tinggi dalam ampas tahu bisa membantu pertumbuhan ayam. Namun perlu diingat untuk tidak memberikannya dalam jumlah yang banyak.
Ketika memberikan ampas tahu, sebaiknya langsung dibersihkan jika tersisa karena mudah berjamur. Hal ini bisa menimbulkan bau tak sedap yang mengganggu.

4. Keong atau bekicot

Siapa sangka bahwa keong dan bekicot bisa dijadikan bahan pakan alternatif bagi unggas? Meskipun biasanya ayam tidak memakan daging hewan lain, namun untuk tambahan asupan protein bisa dengan menambahkan keong atau bekicot. Keduanya bisa diberikan baik dalam keadaan basah ataupun telah dikeringkan. Jangan lupa untuk memisahkan daging dari cangkangnya dan mencincang lembut agar mudah dicerna.

Demikian informasi mengenai bahan pakan alternatif ayam yang bisa Anda coba. Dengan memberikan bahan pakan alami, Anda akan mendapatkan keuntungan. Selain lebih hemat, kualitas daging dan telur ayam juga akan lebih bagus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top