4 Cara Ternak Parkit, Mudah Dilakukan!

Burung Parkit adalah burung yang banyak diminati karena kicauannya yang merdu dan warna bulunya yang indah. Bahkan, burung ini bisa berkicau mirip dengan orang berbicara jika Anda latih. Apabila Anda tertarik untuk ternak burung parkit, Anda perlu memerhatikan dan mengetahui beberapa cara ternak parkit yang baik dan benar. Dengan begitu, burung akan lebih mudah berkembang.

cara ternak parkit star farm
youtube.com

Langkah Mudah Ternak Parkit

Karena permintaan pasar yang tinggi, ternak parkit bisa menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan. Berikut adalah beberapa cara ternak parkit biar sukses yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

1. Memilih Indukan Siap Kawin

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam ternak parkit adalah memilih indukan. Anda perlu memastikan mana yang jantan dan yang betina, lalu pastikan dua Parkit tersebut sudah berada dalam masa kawin. Indukan Parkit yang berada dalam masa kawin, setidaknya sudah berumur 8 bulan.

Selain terkait umur, masa kawin parkit bisa Anda lihat melalui ciri tubuhnya, yaitu cere yang telah berwarna biru tua, lingkar putih pada mata sudah mulai terlihat dan cerah, dan kaki yang sudah berwarna pekat. Sedangkan parkit betina yang sedang berahi bisa Anda lihat bagaimana perilakunya terhadap parkit Jantan.

2. Menyiapkan Kandang dan Glodok (Sarang)

Siapkan kandang ternak Parkit dengan ukuran kira-kira panjang 40 cm, lebar 70 cm, dan tinggi 40 cm. Setelah menyiapkan kandang, siapkan juga glodok atau sarang yang diletakkan dalam kandang. Sesuaikan sarang dengan kebiasaan Parkit di alam liar, yaitu dengan memberikan lubang pada sarang.

3. Pakan

Untuk menjaga kesehatan Parkit, Anda tentu harus menyiapkan pakan untuk memenuhi nutrisi Parkit tersebut. Parkit sendiri menyukai makanan jenis biji-bijian, sayur mayur, dan buah-buahan. Secara spesifik, Parkit biasa memakan biji milet, sayur bayam, wortel, kol, pepaya, apel, pisang, pir, dan lain sebagainya.

4. Jaga Kebersihan Kandang

Bagian penting lain yang harus Anda perhatikan adalah untuk selalu menjaga kebersihan kandang Parkit. Kandang yang kotor dan bau akan membuat burung tak sehat dan mudah stres. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan kandangnya secara rutin.

Demikian 4 cara ternak Parkit yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Selain memerhatikan beberapa cara di atas, Anda juga perlu untuk memeriksa kesehatan Parkit. Jangan lupa untuk selalu sediakan air minum bersih dan berkualitas di kandangnya, selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top