fbpx

Jarang Disadari, Inilah Khasiat Tumbuhan Pegagan

Centella Asiatica atau istilah latin dari Pegagan. Mungkin banyak yang belum mengetahui tumbuhan ini, meskipun keberadaanya cukup mudah ditemukan. Jika merasa asing dengan nama pegagan mungki anda mengenalnya dengan nama lain seperti daun kaki kuda atau antanan. Selain itu, karena tumbuhan ini terdapat banyak di daerah-daerah, nama dari tumbuhan ini juga sangat banyak.

Tumbuhan pegagan banyak ditemukan di ladang, sawah, perkebunan, atau di pinggir jalan sekalipun. pegagang hidup dengan cara merambat dan memiliki banyak sekali cabang . cabang tersebut akan membentuk tumbuhan yang baru. Bentuk dari daun pegagan mirip dengan bentuk ginjal dengan ujung yang bergerigi.

image via bola.com

Terdapat beberapa jenis pegagan, diantaranya adalah pegagan hijau dan pegagan merah. pegagan merah biasanya ditemukan diantara batu-batu yang kering, atau bisa juga disebut dengan antanan kebun. Sedangkan antanan hijau banyak ditemukan di pesawahan diantara rerumputan. Pegagan hijau biasanya lebih menyukai tempat yang lembab terbuka.

Meskipun keberadaanya sering disepelekan, ternyata banyak sekali khasiat yang dikandungnya looh.

Sebagai obat demam

Memiliki sifat anti demam, tanaman pegagan ini mampu menurunkan demam bahkan pada anak. Karena kandungan anti demam yang dimilikinya alami.

Dapat membantu membersihkan darah kotor

Tanaman pegagan ini dapat  menyaring darah kotor di dalam tubuh, yang akan membuat nutrisi dan kebersihan darah terjamin. Tetapi harus dengan rutin mengonsumsinya.

Sebagai antibakteri alami

Selain menjadi anti demam, tumbuhan pegagan juga memiliki anti bakteri yang alami. Sehingga dapat melindungi kesehatan tubuh dari serangan kuman, virus, dan bakteri yang menyerang.

Memperlancar kencing

Jika memiliki masalah dengan kecing, mungkin daun pegagan ini bisa di coba. Karena daun pegagan memiliki khasiat yang bagus untuk melancarkan kecing.

Membantu penyembuhan luka

Dau  pegagan memiliki efek penyembuhan luka. Biasanya dijadikan salep ekstrak dan dioleskan ke berbagai jenis luka.

Daun pegagan biasanya banyak dijadikan sebagai sayuran. Memakan pegagang secara langsung atau dijadikan lalapan  sering dilakukan oleh masyarakat. Tetapi untuk dijadikan obat, daun pegagang biasanya diolah dan diambil ekstraknya seperti menjadi salep atau kapsul.

Leave a Reply

0
Scroll to Top