fbpx

Ini Dia 5 Jenis Mangga Lokal yang Terkenal Kemanisannya

Mangga merupakan salah satu buah yang melimpah ruah di Indonesia. Selain itu, mangga juga Memiliki beragam jenis dengan segala bentuk dan ukuran. Seperti bentuk bulat atau lonjong, warna yang dimiliki juga berbeda satu sama lain, bergantung pada jenisnya. Banyaknya jenis itu menyebabkan rasa yang dihasilkan juga semakin beragam. Setiap  membeli mangga, pastinya mencari mangga yang memiliki rasa manis kan . Untuk itu, kenali nama dan ciri jenis mangga yang bercita rasa manis ini agar tidak salah ketika membeli.

1. Mangga Arumanis

Sesuai dengan Namanya, mangga arumanis pastinya memiliki aroma yang harum dan rasa yang manis. Mangga arum manis merupakan mangga yang masuk varietas dari Probolinggo Jawa Timur. Bibit unggul dari mangga ini telah di sahkan oleh Menteri pertanian. Jenis mangga ini memiliki kulit buah yang berwarna hijau, dengan daging buahnya yang berwarna kuning cerah kejinggan.

image via samudrabibit.com

2. Mangga Alpukat

Pertama kali di budidayan di Pasuruan Jawa Timur, mangga alpukat merupakan hasil perkawinan dari mangga madu dan mangga gadung. Mangga alpukat memiliki cara makan seperti buah alpukat yaitu dengan menggunakan sendok. Jenis mangga ini juga cukup mahal karena berbuah setelah 5-6 tahun. tetapi jangan khawatir rasanya yang enak tidak akan menjadikan kamu menyesal membelinya. Mangga alpukat cukup langka ditemukan, karena belum banyak yang membudidayakannya.

image via blog.sayurbox.com

3. Mangga Madu

Untuk pecinta mangga, jenis mangga madu pasti sudah familiar. Mangga madu terkenal dengan  keunggulan citarasanya yang manis ini bahkan sejak masih muda. Selain itu, mangga madu juga memiliki daging yang tebal dan biji yang kecil. Buah ini juga tidak sulit ditemukan, karena banyak terdapat di berbagai daerah. Untuk kamu yang suka membuat makanan dari mangga seperti pudding, es buah, atau jus, mangga madu sangat cocok untuk dipilih.

image via Fi.pinterest,com

4. Mangga manalagi

Sama seperti mangga arumanis, mangga manalagi juga merupakan varietas Probolinggo Jawa Timur. Meski memiliki ukuran yang kecil/sedang, mangga manalagi memiliki  rasa yang sangat manis. Daging buah nya juga tebal dan padat, jika memakan buah ini sudah dipastikan tidak ada rasa asam yang terasa di lidah. Untuk membedakan mangga mana lagi dengan yang lainnya, bisa dilihat adanya bintik-bintik putih yang banyak pada kulitnya.

image via Muffingraphics.com

5. Mangga Gedong Gincu

Dinamakan gedong gincu dikarenakan mangga jenis ini akan memiliki warna seperti gincu ketika matang. Berbeda dengan mangga arumanis dan manalagi, mangga gedong gincu berasal dari Jawa Barat yaitu Majalengka, Cirebon dan Indramayu. Tidak hanya di Indonesia Konsumen dari mangga gedong gincu sudah sampai ke mancanegara. Hak tersebut dikarenakan mangga gedong gincu memiliki rasa yang manis dan sedikit asam yang menciptakan kesegaran. Bentuk dari mangga gedong gincu sekitar sekepalan tangan atau tidak sebesar mangga arum manis.

image via montor.co.id

Jika ada satu pilihan untuk memakan 5 mangga di atas, mangga apa yang akan dipilih?. Pasti sulit memilihnya ya, jadi pilih saja semuanya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top