fbpx

Ketahui lima Buah-buahan Lokal ini Jarang Terdapat di Negara Lain

Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Banyak terdapat kekayaan alam yang khas dan jarang dimiliki oleh negara-negara lain. kekayaan tersebut bisa dinikmati secara murah  salah satunya yaitu buah-buahan. Di Indonesia terdapat banyak sekali buah lokal yang lezat dan unik. Tidak hanya enak, buah-buahan ini juga memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Berikut ini ada lima buah lokal yang terkenal di Indonesia.

1. Durian

image via detik.com

Memiliki bau yang super dan khas menjadikan buah durian cukup terkenal dan memiliki banyak sekali penikmat. Durian merupakan buah yang berasal dari Asian tenggara, buah ini juga dijuluki sebagai “king of fruit” raja dari segala buah. Durian memiliki kulit yang tebal dan dikelilingi duri diseluruh bagainnya. Di dalamnya terdapat daging buah yang menyelimuti biji, nah daging buah ini lah yang bisa dimakan. Aroma khas yang dimiliki oleh durian juga terdapat pada daging buah tersebut. Meskipun memiliki rasa manis dan lezat, tetapi banyak orang yang tidak menyukainya. Hal tersebut dikarenakan bau menyengat dari buah durian. Buah durian banyak dijajakan dipinggir jalan ketika musimnya tiba.

2. Manggis

Kedua adalah buah manggis, memiliki nama latin Garnicinia mangnostana L. buah manggis merupakan buah yang berasal dari Semenanjung Malaya, buah ini banyak terdapat di Indonesia. Manggis memiliki bentuk bulat berwarna ungu, akan tetapi isi dari buah manggis yang berwarna putihlah yang bisa dimakan. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh buah manggis cukup tinggi. Buah ini biasanya dimakan Bersama dengan buah durian, karena itu dikenal sebagai “ratu buah” yaitu pasangan si “raja buah”.

image via sehatq.com

3. Rambutan

Dinamai rambutan karena buah ini memiliki bentuk seperti rambut pada kulit buahnya. Rambutan memiliki rasa yang manis atau asam tergantung pada jenis rambutannya. Buah ini berasal dari kepulauan Asia Tenggara dan masuk pada suku lerak-lerakan atau sapindacaea. Selain di Indonesia, buah ini juga banyak terdapat di negara India, Malaysia, atau Filipina. Rambutan biasanya memiliki satu kali musim dalam satu tahun. Jadi dalam satu tahun rambutan bisa berbuah satu kali.

image via antaranews.com

4. Jambu air

Jambu air biasanya memiliki warna merah atau putih , dengan daging buahnya yang berwana putih. Kandungan air yang ada dalam jambu air ini sangat tinggi, untuk itulah mengapa penamaan jambu ini menggunakan kata “air”. Jambu air biasanya dimakan ketika segar dan dapat dijadikan sebagai bahan rujak, atau bisa juga dijadikan sebagai asinan.

image via merdeka.com

5. Duku

Ada beberapa buah lain yang mirip dengan buah duku seperti kokosan, langsat, pisitan, dan celoring. Bahkan banyak yang sulit membedakan di antara buah-buah tersebut. Meskipun masih dalam satu keluarga, namun buah duku menjadi primadona. Hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki daging buah yang tebal dan rasanya lebih manis dibandingkan dengan yang lainnya. Buah duku berasal dari Asia Tenggara sebelah barat dan terdapat banyak sekali di Indonesia.

image via okadoc.com

Kelima buah-buahan tadi merupakan buah yang sudah tidak asing lagi kita dengan. Ketika terdengar Namanya mungkin langsung terbesit bagaimana rasa dari buah-buah itu. Buah buahan tersebut juga hadir pada musinya.  Jadi ketika musim apakah kalian membaca ini?.

Leave a Reply

0
Scroll to Top