Inilah! Jenis Tumbuhan Karnivora Yang Memiliki Bentuk Sangat Indah

Tumbuhan

Tumbuhan memang terkenal sebagai salah satu makhluk hidup ciptaan yang kuasa. Membutuhkan media tanam dan pada umumnya hanya membutuhkan kandungan hara dalam tanah. Namun jika kita melihat lebih dalam ada yang menarik ada beberapa tumbuhan yang tergolong malah pemakan daging atau biasa disebut juga karnivora.

Tidak Hanya Hewan, Deretan Tumbuhan Ini Jadi Pemakan Daging - HiTekno.com
via image tokopedia.com

Tumbuhan ini justru memakan binatang baik serangga maupun hewan kecil lainnya. Selain itu tumbuhan tersebut juga memiliki bentuk yang unik dan berbeda dibandingkan tumbuhan lainnya, karena memiliki bentuk fisik yang sangat indah.

Nah buat kalian yang penasaran dengan berbagai macam tumbuhan pemakan serangga dengan bentuk yang unik dan indah. Kali ini kita akan membahasnya, mari kita simak

1. Byblis
10 Tanaman Karnivora Paling Mengagumkan | Mbah Seo |
image via mbah-seo.blogspot.com

Byblis merupakan salah satu dari spesies ribuan tumbuhan karnivora yang terdapat didunia. Tumbuhan ini disebut juga tumbuhan pelangi karena warnanya yang melontarkan kecerahan seperti layaknya pelangi. Tumbuhan ini Berasal dari Benua Australia, spesies pertama dalam genus digambarkan oleh ahli pertanian Inggris yaitu Richard Anthony pada tahun 1808.

Permukaan daun yang padat pada tumbuhan ini dipenuhi dengan rambut kelenjar yang sangat lengket mengeluarkan zat dari ujung daun mereka. Berfungsi untuk menarik serangga kecil seperti lalat, jangkrik, kupu-kupu dan belalang yang apabila menyentuh cairan lengket itu, pasti mereka menempel pada rambut kelenjar.

2. Heliamphora
BIJI BENIH SEED TANAMAN HIAS KARNIVORA DROSERA TOKAIENSIS | Shopee Indonesia
image via bukalapak.com

Tumbuhan satu ini merupakan salah satu kata dari bahasa salah satu negara yang ada didunia yaitu Yunani yaitu nama genus tumbuhan yang terdiri dari 23 macam spesies, yang berasal dari salah satu benua yang ada didunia yaitu Amerika Selatan. Tumbuhan ini dijuluki juga dengan nama Matahari Terbit.

Memiliki fisik daun yang unik bentuknya membentuk corong untuk menjebak mangsanya seperti serangga dan hewan kecil lainnya. Mereka selalu be revolusi dalam menangkap atau memburu mangsanya.

3. Drosera
Cara Menanam Drosera dari Biji - BibitBunga.com
image via bibitbunga.com

Tumbuhan ini umumnya dikenal sebagai tumbuhan hias. Salah satu genus yang terbesar dari tumbuhan pemakan serangga dengan kurang lebih 194 spesies yang ada diseluruh penjuru dunia. Anggota keluarga ini mengincar mangsanya seperti serangga dengan cara menggunakan tentakel-tentakel tubuhnya dengan lem ujung nya yang sangat lengket. Mangsa yang dicerna berguna untuk memberikan mineral dan nutrisi untuk dirinya. Tumbuhan ini dapat ditemukan di berbagai penjuru dunia.

4. Dionaea
Jual Benih Tanaman Pemakan Serangga Venus flytrap - Dionaea Muscipula di  Lapak zida003 | Bukalapak
image via hiotekno.com

Tumbuhan ini termasuk salah satu ribuan tumbuhan yang terindah di seantero negeri. Tumbuhan ini menangkap mangsanya seperti serangga dan hewan kecil lain dengan cara mengandalkan daun yang bergigi. Daun bergigi tersebut jika tersentuh serangga baik itu hewan kecil lainya maka akan tertutup dan mengunci mangsanya didalam.

5. Cephalotus
Jual Tanaman Karnivora Cephalotus Follicularis Tanaman di Lapak fajar tekh  | Bukalapak
image via w.kwikku.com

Cephalotus adalah satu genus anggota ribuan tumbuhan berbunga yang ada dipenjuru dunia. Tumbuhan karnivora ini sejenis tumbuhan penjerat dari benua Australia. Tumbuhan ini memiliki daun perangkap untuk mengincar mangsanya. Jika serangga baik itu hewan kecil jatuh ke dalam daun perangkapnya, maka serangga itu tidak dapat keluar lagi dari perangkap tersebut dan akhirnya hingga mati didalam perangkap tersebut.

Nah itulah contoh-contoh tumbuhan karnivora yang memiliki bentuk yang unik dan indah, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang macam jenis tumbuhan karnivora. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top