fbpx

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menanam Tanaman di Halaman yang Sempit.

Selain digunakan untuk mempercantik dan menyejukan rumah, menanam tanaman disekitar rumah dipercaya dapat memiliki manfaat tertentu seperti dapat menjaga kesehatan otak dan mengusir rasa jenuh dan stress. Namun tidak semua bisa melakukan kegiatan tersebut karena terhalangi oleh beberapa faktor.

image via m.medcom.id

halaman yang tidak luas bahkan sempit pasti merupakan salahsatu faktor yang besar yang dapat mengurungkan niat bercocok tanam. Banyak yang berfikir bahwa bercocok tanam dihalaman yang sempit hanya akan membuat tanaman tidak bisa tumbuh secara sempurna.

Pemikiran tersebut haruslah dibuang sangat jauh, karena banyak sekali cara agar tetap bercocok tanam meskipun di halaman yang sempit. Jika kamu ingin melakukannya maka perhatikanlah  hal-hal berikut.j

Tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan merupakan hal yang penting. Sesuaikan tempat dengan keadaan yang ada di rumah. jika kamu bercocok tanam untuk mempercantik halaman rumah maka kemungkinan besar tempat yang digunakan berada di depan rumah. hal ini dikarenakan kebanyak orang akan melihat rumah kamu di area depan.

Yang kedua, jika bercocok tanam dilakukan karena ingin menanam tanaman yang berkhasiat seperti sayuran atau tanaman obat-obatan, halaman belakan bisa dijadikan tempat untuk menyimpan. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menyimpannya di depan rumah.

sesuaikan tempat menyimpan tanaman dengan arah gerak yang biasa keluarga di rumah lakukan. Atur posisi tanaman seminim mungkin dan tetap meluangkan tempat untuk beraktifitas.

Media yang digunakan

Pikirkan juga mengenai cara menyimpan tanaman tersebut. Jika tempat yang digunakan cukup untuk menarup pot-pot dibawah untuk beberapa tanaman maka, penggunaan pot atau polibek dapat digunakan. Tetapi jika kamu ingin menanam tanaman yang lebih banyak lagi, penggunaan rak bersusun bisa menjadi solusi.

Selain itu, penggunaan pot gantung juga dapat dilakukan agar bisa meminimalisir tempat yang digunakan. Ukuran pot yang digunakan juga harus disesuaikan dengan tempat, untuk menanam tanaman yang lebih banyak gunakan ukuran yang lebih kecil.

Pilih tanaman yang sesuai

Ketika tempat yang tersedia tidak memadai, pemilihan tanaman yang tetap menjadi hal yang penting. Ketika menanam, tanaman yang dipilih haruslah disesuaikan dengan kemauan  masing-masing. Apakah tanaman yang akan ditaman merupakaan bunga-bungaan, tamanan berkhasiat atau beberapa pohon yang lain.

Jika yang digunakan adalan pot besar maka pemilihat tanaman seperti athrium, monstera, palem atau keladi dan beberapa tanaman lain bisa dilakukan . Akan tetapi, jika hanya bisa dengan pot yang kecil/sedang pemilihan tanaman haruslah sesuai, seperti lidah buaya, kaktus maupun sekulen sangat cocok untuk dipilih.

Terdapat juga beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam pada media gantung, seperti bunga pukul Sembilan, begonia, anggrek, dan beberapa tanaman lain yang bisa menjalur kebawah.

Setelah melihat tiga hal tersebut, urungkan kembali niat untuk membatalkan menanam tanaman di rumah. karena tanaman sangat bermanfaat untuk kita dan semuanya, selain itu menanam tanaman juga dapat menghasilkan oksigen. Jadi bisa semakin menyegarkan rumah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top