Inilah Alasan Kuda Memakai Sepatu yang Perlu Diketahui

Tentu kamu bertanya-tanya mengapa kuda memakai sepatu? Ya, binatang yang satu ini cukup istimewa karena diberikan alas berupa yang berbentuk u ladam di kakinya.

image via Britannica

Sepatu kuda menjadi sebuah ciri khas bagi mamalia yang secara historis dan ekonomis berperan besar dalam kehidupan manusia. Karena sepatu kuda pula muncul sebuah lagu populer di masa kanak-kanak dengan judul “Naik Delman”. Salah satu liriknya berbunyi: tuk tik tak tik tuk suara sepatu kuda.

Nah, daripada kamu penasaran, yuk mari kita simak bersama-sama penjelasan di bawah ini sampai tuntas.

Alasan Kuda Memakai Sepatu

Sebagai pelindung kaki

Seperti halnya manusia yang memakai sepatu untuk melindungi kaki, begitu juga dengan kuda. Namun kaki pada kuda sebenarnya adalah sebuah kuku.

Kuku pada kuda ini berbeda pada hewan lainnya. Kuku ini terdapat di sekeliling jari kaki yang “mati rasa”. Jadi, apabila terluka, kuda tidak akan merasakan sakit.

Lalu di bagian tengah kaki kuda itu terdapat semacam kulit lembut yang tidak terlindungi. Apabila kuda mengangkut beban saat berlari tanpa disadari bagian itu bisa saja terluka ketika menyentuh tanah.

Hal tersebut tentu saja akan membuat kuda menjadi pincang. Karena itulah sepatu kuda berfungsi melindungi kuku kuda dari kerusakan dan hal tersebut.

Nah, selain sebagai pelindung sepatu kuda juga untuk melindungi kuku kaki dari kepanasan yang berpotensi merusak kuku.

Sebagai Penanda

Kuda merupakan binatang yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai sarana transportasi selain sapi dan kerbau. Namun karena mempunyai kelebihan berupa kecepatan, manusia memanfaatkan kuda sebagai transportasi cepat untuk mengangkut penumpang.

image via Travel Kompas

Hal itu bisa kamu lihat pada delman, dokar, dan sado. Tentu karena kecepatannya ini kuda bisa menjadi berbahaya dan tidak aman jika tidak dilengkapi sepatu kuda.

Tujuannya adalah supaya orang-orang segera mengenali dan menyadari bahwa dengan bunyi sepatu kuda ada transportasi kuda yang akan lewat sehingga mereka akan terhindar dari kecelakaan.

Sebagai Pengaman dari Benda-benda Tajam

Alasan kuda memakai sepatu karena kuda adalah binatang yang mempunyai kecepatan dalam berlari, tentu saja akan ada banyak sekali benda-benda kecil yang diinjak.

Benda-benda itu bisa berupa kerikil-kerikil kecil tajam dan pecahan-pecahan beling yang timbul dari kecelakaan di jalan.

Tentu saja jika tidak dilengkapi sepatu kuda, kaki-kaki kuda tanpa disadari akan menginjak benda-benda tersebut. Hal ini tentunya akan memengaruhi performa kuda ke depannya.

Apakah Kuda Liar Juga Harus Memakai Sepatu?

Jawabannya, tidak. Hal ini karena kuda liar menempuh jarak ribuan kilometer setiap harinya dengan medan yang beragam. Medan-medan itu sudah cukup membuat kuku kuda terpotong secara alami.

Selain itu, kuda di alam liar tidak mempunyai banyak aktivitas seperti kuda yang diternakkan. Kuda-kuda yang diternakkan aktivitasnya cukup banyak dari mengangkut barang, transportasi, dan untuk olahraga pacuan kuda sehingga membutuhkan sepatu untuk meredam guncangan.

Nah, itulah alasan mengapa kuda memakai sepatu sehingga mamalia ini benar-benar terlihat seperti binatang yang istimewa. Semoga tulisan ini menjawab penasaran kamu.

(Faaqih Irfan/dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top