fbpx

Inilah! Fakta Unik Serta Manfaat Bunga Kecombrang

Kecombrang merupakan sejenis bunga tumbuh-tumbuhan yang biasa terdapat pada masakan khas sunda. Memiliki nama latin Etlingera Elatior sering juga disebut bunga honje oleh masyarakat Indonesia. Tinggi tanaman ini bisa mencapai kurang lebih 5 meter memiliki kemiripan dengan tanaman lengkuas dan jahe.

Hasil gambar untuk kecombrang hd
image via liputan6.com

Bunga kecombrang memiliki warna merah muda jika masih dalam usia yang muda, dengan daun berseling menjadi 2 bagian terdapat hingga 15-30 helai bunga dan daun dengan pangkal membulat berbentuk menyerupai jantung dengan ujungnya yang meruncing pendek. Bunga kecombrang biasanya menjadi salah satu bumbu pelengkap masakan nusantara. Bagi masyarakat sunda juga sering di konsumsi dengan cara direbus saja lalu dilalap bersama sambal.

Di Banyumas, Jawa Tengah bunga ini sering kali dimanfaatkan sebagai bahan utama pecel. Berbeda di negeri tetangga Malaysia dan Singapura biasa dijadikan sebagai bumbu utama pembuatan hidangan laksa. Di tanah batak bunga honje kerap digunakan sebagai bahan penghilang bau amis daging dan ikan. Dan diberbagai wilayah Indonesia tanaman ini terkenal sebagai penghilang bau amis, pelengkap bumbu kari, dan penyedap rasa.

Hasil gambar untuk bunga kecombrang hd
image via agrilogy.com

Bunga kecombrang juga ternyata selain bisa dikonsumsi mempunyai manfaat bisa dijadikan sabun mandi. Selain itu di masyarakat tertentu dipercaya bisa sebagai obat penawar gatal seperti campak. Bunga honje juga memiliki kandungan nutrisi sangat baik bagi tubuh kita.

Berikut adalah manfaat dan jenis kandungan yang terdapat pada bunga kecombrang

1. Memiliki kandungan antioksidan tinggi

Suatu penelitian pada tahun 2011 menyebutkan bahwa seluruh bagian tanaman kecombrang memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi baik bagi kesehatan tubuh manusia. Pada tanaman ini mengandung senyawa flavonoid salah satu jenis senyawa yang ada pada kandungan zat antioksidan yang berguna untuk memperbaiki kerusakan sel yang ada dalam tubuh.

2. Terdapat kandungan zat besi

Zat besi yang terdapat pada bunga kecombrang mencapai 4-7 mg. Sangat berperan bagi kesehatan sel darah merah manusia. Dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti hipotensi, anemia, hipertensi, dan epilepsi. Selain itu zat besi juga bermanfaat untuk menjaga kualitas stamina tubuh yang berperan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

3. Terdapat kandungan kalsium

Pada bunga kecombrang juga memiliki kandungan kalsium yang sangat bagus untuk kesehatan tulang kita. Dalam 1 kuncup bunga kecombrang terdapat kandungan kalsium setara 100g. Maka dari itu jika kita mengonsumsi bunga ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis dan gangguan penyakit tulang lainnya.

4. Penambah nafsu makan

Di luar negeri ada sebuah perusahaan yang memproduksi suplemen makanan berupa vitamin nafsu makan yang berbahan dasar bunga kecombrang. Bunga ini memiliki sejumlah zat dan kandungan yang membantu untuk memberi rasa nafsu makan.

5. Penghilang bau tidak sedap/amis

Di Indonesia bunga ini sering digunakan sebagai penghilang bau tidak sedap dan amis. Sejumlah restoran sunda banyak menggunakan bunga ini sebagai penghilang bau amis daging serta ikan karena memiliki aroma yang menyegarkan dan tajam.

6. Pelengkap/penyedap rasa

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika bunga satu ini sebagai pelengkap bumbu suatu hidangan. Bunga ini memiliki wangi serta rasa yang kuat dan khas dipercaya dapat menyedapkan suatu masakan terutama yang berbentuk kari.

Nah itulah ulasan seputar bunga kecombrang, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang bunga kecombrang. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top