fbpx

Inilah! 5 Jenis Pisang Yang Sangat Populer Di Indonesia

Pisang merupakan tumbuhan berdaun besar yang memiliki nama latin Musa. Menghasilkan buah yang bernama sama tersusun dari kelompok-kelompok yang menyerupai sisir.

Warna buah ini umumnya berwarna kuning jika dalam keadaan matang, namun memiliki warna hijau dalam keadaan masih mentah. Namun siapa sangka ternyata ada buah pisang berwarna hitam, jingga, dan ungu tetapi warna tersebut sangat langka dan jarang dijumpai di seluruh penjuru dunia.

Hasil gambar untuk pohon pisang hd
image via kisspary.com

Berikut adalah jenis pisang yang populer di Indonesia

1. Ambon
Hasil gambar untuk pisang ambon hd
image via pasaronline.id

Pisang ambon merupakan salah satu jenis pisang sangat fenomenal yang terdapat hampir diseluruh dunia. Memiliki nama latin Musa Acuminata Cavendish Subgroup ternyata banyak kandungan sangat bermanfaat di dalamnya. Pisang ambon dipercaya dapat meningkatkan stamina dalam beraktivitas sehari-hari. Menurut suatu penelitian kandungan di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan melancarkan pencernaan.

2. Kepok

Hasil gambar untuk pisang kepok
image via bli.bli.com

Pisang kepok memiliki nama latin Acuminata Balbisiana jenis pisang ini sering kali diolah dengan cara direbus atau dikukus. Termasuk jenis buah pisang yang rendah sekali kandungan kadar gulanya. Di dalam pisang ini terdapat banyak kandungan nutrisi dan gizi yang sangat tinggi.

Mulai dari asam amino, vitamin c, zat besi, vitamin a dan lain-lain yang dipercaya sangat bagus untuk kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Kandungan di dalamnya dapat melancarkan pencernaan manusia, menjaga kesehatan paru-paru, menjadi salah satu makanan alternatif untuk orang yang sedang menjalankan program diet, dan masih banyak lagi.

3. Raja
Hasil gambar untuk pisang raja hd
image via gubukgambarhd.id

Pisang raja salah satu pisang yang memiliki rasa khas serta nilai jual tinggi di Indonesia dari jenis pisang lainnya. Di dalam pisang ini mengandung beberapa nutrisi yang sangat bagus bagi tubuh kita seperti karbohidrat, kalsium, fosfor dan zat besi. Pisang ini sering kali masih digunakan untuk acara tradisi pernikahan bagi orang Jawa. Dimana sang calon mempelai pria harus memberi sebanyak satu sisir pisang raja kepada mempelai wanita.

4. Tanduk

Hasil gambar untuk pisang tanduk hd
image via tokopedia.com

Sesuai dengan nama sebutannya jenis pisang ini memiliki bentuk yang besar, panjang melengkung seperti tanduk. Bisa dikatakan jenis pisang ini merupakan yang paling panjang dari jenis pisang lainnya. Pisang pada umumnya mungkin terasa lezat dan enak meskipun tidak diolah dan langsung dimakan, berbeda dengan pisang tanduk.

Pisang tanduk seringkali diolah dengan cara digoreng karena memiliki tekstur daging yang cenderung agak keras. Jenis ini seringkali dijadikan hidangan seperti puding, pisang keju, saleh pisang, bolu pisang dan jenis olahan lainnya.

5. Susu
Hasil gambar untuk pisang susu hd
image via tokopedia.com

Pisang susu memiliki ukuran paling mungil dari jenis pisang lainnya. Jenis ini banyak digemari oleh anak-anak, kulit buahnya tipis, berwarna kuning cerah, dan dalamnya tidak ada bintik cacat sedikit pun. Bentuk buahnya melengkung tidak memiliki siku, cita rasanya sangat terkenal dengan rasa yang manis, legit layaknya seperti susu. Itulah alasan pisang satu ini mendapat julukan pisang susu.

Nah itulah jenis pisang populer di Indonesia, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang macam jenis pisang. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah!

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top