Inilah! Hewan Yang Memiliki Kemampuan Bertahan Hidup Ratusan Tahun

1. Quahog/kerang laut

Kerang jenis ini memiliki nama latin Arctica Islandica salah satu mahluk hidup yang memiliki kemampuan bertahan hidup sangat lama mencapai umur kurang lebih 507 tahun. Kerang ini berasal dari Samudera Atlantik utara, biasa dipanen menjadi salah satu sumber makanan. Jenis kerang ini tumbuh dengan melebihi cangkangnya memiliki ukuran kurang lebih 2 inci.

Hasil gambar untuk quahog laut
image via hitekno.com

Kerang ini salah satu kerang dengan masa pertumbuhan yang sangat lambat dari jenis spesies kerang lainnya. Membutuhkan proses lahir sekitar 4 hari dari tahap embrio menjadi tahap larva. Perlu waktu 5-8 tahun untuk mencapai usia kematangan. Gaya siklus lambat ini menjadikan salah satu spesies mahluk hidup dengan umur terpanjang.

2. Hiu Greenland

Hasil gambar untuk hiu greenland hd
image via wallpaperbetter.com

Hewan satu ini terbilang salah satu hewan purba yang masih hidup dari ratusan lalu hingga sekarang. Memiliki nama latin Somniosus Microcephalus wajah ikan hiu ini sangat mengerikan tidak seperti hiu pada umumnya wajahnya seperti layaknya hewan purba. Mereka mampu bertahan hidup hingga 400 tahun lamanya. Pertumbuhan mereka sangat lambat diperkirakan hanya tumbuh 1 meter dalam setiap tahunnya.

Daging hiu ini tidak bisa dikonsumsi karena mengandung racun yang sangat berbahaya. Mempunyai gaya berenang sangat lambat berbeda dengan ikan hiu pada umumnya. Dengan bentuk gigi yang aneh seperti hewan purba seram lainnya. Perairan yang sangat dingin dan dalam adalah tempat favorit mereka. Merupakan salah satu hiu dengan kemampuan menyelam sangat handal.

3. Paus kepala busur
Hasil gambar untuk paus kepala busur hd
image via flickriver.com

Paus busur adalah salah satu jenis ikan paus yang mempunyai kemampuan bertahan hidup sangat lama umurnya dapat mencapai 200 tahun lebih. Memiliki nama latin Balaena Mysticetus hidup di kawasan dingin seperti kutub utara hidup secara berkelompok. Mempunyai berat sekitar 75-100 ton dan panjang mencapai 19 meter menjadikan paus busur mendapat predikat mamalia ke 5 terbesar di dunia.

Kepala yang besar menyerupai busur ternyata berguna untuk menghancurkan lapisan es setebal 18 cm tebalnya. Jenis paus ini tidak memiliki sirip pada bagian punggung mempunyai kemampuan melompat sangat luar biasa. Paus jenis ini memiliki lapisan lemak sangat tebal sehingga mampu bertahan hidup di tempat yang sangat dingin seperti kutub utara.

4. Rougheye rockfish

Hasil gambar untuk gambar ikan rougheye rockfish hd
image via cookinglight.com

Ikan jenis ini mempunyai nama latin Sebastes Aleutianus salah satu ikan yang mempunyai umur sangat panjang mencapai umur 205 tahun. Panjangnya mencapai 97 cm dengan berat 7 kg, dijuluki rockfish karena memiliki mata yang kasar berduri. Terdapat belasan duri pada kelopak mata jenis ikan satu ini. Ikan ini memiliki warna merah muda, cokelat, dan terdapat bercak-bercak tidak beraturan.

Rockfish adalah salah satu jenis ikan laut dalam khususnya di sepanjang lautan Jepang hingga California. Biasa hidup di kedalaman 150-450 meter dibawah permukaan laut. Ikan ini lebih senang hidup menyendiri atau hanya bergabung dengan kelompok kecil saja.

5. Kura-kura raksasa galapagos
Hasil gambar untuk kura-kura galapagos
image via lokadata.id

Kura-kura jenis ini memiliki nama latin Chelonoidis Nigra merupakan spesies kura-kura paling besar yang masih hidup di bumi. Mempunyai berat sekitar 420 kg dan mampu bertahan hidup sekitar 175 tahun. Salah satu hewan endemik asli kepulauan Galapagos dengan ukuran tempurung dan tubuh bervariasi tergantung usia.

Sayangnya kura-kura satu ini sudah terancam punah karena banyaknya perburuan liar dan eksplotasi berlebihan. Biasanya dimanfaatkan dagingnya, dijadikan minyak, dan bagian tempurung dijadikan hiasan yang memiliki harga fantastis.

Nah itulah contoh jenis hewan yang memiliki umur dan kemampuan bertahan hidup sangat lama, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang hewan yang mempunyai umur panjang. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top