Populasinya Selalu Berkurang, Berikut 5 Fakta Unik Orang Utan

Siapa yang tak mengetahui orang utan, hewan cerdas dengan DNA yang sangat mirip dengan DNA manusia. Orang utan sendiri merupakan familia kera yang besar dengan bulu coklat atau kemerahan dan memiliki lengan panjang. Istilah orang utan sendiri muncul dari bahasa melayu, yang berarti manusia hutan karena DNA hingga perilakunya hampir mirip dengan manusia. Untuk lebih mengetahui tentang hewan tersebut, yuk simak beberapa fakta unik orang utan di bawah ini!

5 Fakta Unik Orang Utan

Ada beberapa fakta unik orang utan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. DNA Mirip dengan manusia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa orang utan memiliki DNA yang sangat mirip dengan manusia. Manusia berbagi 97 persen kemiripan DNA dengan orang utan. Tak heran jika hewan kedua yang satu ini menjadi hewan yang paling mirip dengan manusia, setelah kera.

2. Penggemar Buah

Orang utan paling banyak menyantap buah sebagai makanan sehari-hari, setidaknya sebanyak 5 kali sehari orang utan makan buah. Namun selain buah, orang utan juga memakan ranting, rayap, dan lain sebagainya.

3. Membuat Tempat Tidur

Pada alam bebas, orang utan biasanya menyiapkan tempat tidur mereka senyaman mungkin. Orang utan biasanya akan menumpuk daun dan ranting sebagai tempat tidur mereka agar terasa hangat dan empuk. Sebagai pelindung tidur, orang utan juga menggunakan Daun Terutung sebagai alas dan penutup badan untuk menghalau serangga.

4. Hobi Tidur

Orang utan sering kali menghabiskan waktunya untuk tidur di pohon atau di sarangnya. Mereka tidak hanya tidur saat matahari terbenam, namun juga saat siang hari ketika sedang bersantai.

5. Kekuatan Orang Utan

Dengan tubuh yang hampir menyerupai manusia, nyatanya orang utan memiliki kekuatan 6 kali lipat dari manusia lho. Tangan orang utan yang lebar mencapai 2 meter saat direntangkan, sangat memungkinkan untuk membekap manusia. Belum lagi dengan gigitan gigi orang utan yang tergolong kuat. Meskipun kuat, orang utan ini memiliki sifat tenang dan tidak menyerang.

Demikian beberapa fakta unik orang utan yang bisa Anda pelajari. Sayangnya, populasi orang utan terus berkurang setiap harinya, yaitu sekitar 25 ekor setiap hari. Hal ini dikarenakan perusakan habitat asli mereka, yaitu hutan. Oleh karena itu, untuk menjaga populasi orang utan, yuk jaga juga hutan kita dengan baik!

Leave a Reply

0
Scroll to Top