Fakta Unik Kera Tarsius, Si Mungil Bermata Besar!

Indonesia memang gudangnya hewan-hewan eksotis nan langka yang membutuhkan perlindungan. Salah satunya adalah kera tarsius, jenis kera mungil yang populasinya semakin hari semakin sedikit saja. Tarsius merupakan hewan khas Sulawesi Utara yang dinobatkan sebagai spesies kera terkecil di dunia. Besarnya hanya sekepal tangan orang dewasa, berat tarsius dewasa pun maksimal hanya mencapai 12 gram. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang binatang mungil tersebut, yuk simak fakta unik kera tarsius di bawah ini!

Fakta Unik Kera Tarsius

Sebagai primata termungil, tarsius memiliki beberapa hal unik baik dari fisik maupun kebiasannya. Berikut adalah beberapa fakta unik kera tarsius, antara lain:

1. Memiliki Tangan dan Kaki Panjang

Dengan ukuran tubuh yang kecil, kera tarsius memiliki tangan dan kaki yang panjang jika dibandingkan dengan tubuhnya. Tarsius dikategorikan dengan primata mungil dengan tangan terpanjang yang dimanfaatkan untuk berpegangan dan mencengkram.

Selain tangan, kaki tarsius juga tergolong panjang, yaitu dua kali dari panjang tubuh mereka. Dengan tangan dan kakinya yang panjang, tarsius bisa melompat sejauh 40 kali panjang tubuhnya.

2. Bermata Lebar

Ciri khas tarsius yang cukup mencolok adalah ukuran matanya yang begitu lebar, bahkan lebih lebar dari ukuran otak mereka. Mata lebar tarsius dapat berputar hingga 180 derajat untuk melihat sekelilingnya, sama dengan mata kelelawar.

3. Monogami

Tarsius merupakan binatang yang setia karena hanya bersama dengan satu satu pasangan selama hidupnya. Jika pasangannya mati, maka tarsius tidak akan menggantikannya atau mencari pasangan baru. Dalam hal berdiam diri, keluarga tarsius biasanya akan tinggal dalam satu pohon dengan diameter yang besar.

4. Bersifat Nokturnal

Kera tarsius merupakan hewan nokturnal, yaitu hewan yang aktif pada malam hari. Mereka mulai melakukan perjalanan pada sore hari hingga malam untuk mencari makanan. Sedangkan pada pagi dan siang hari, waktu mereka biasanya digunakan di atas pohon untuk tidur atau beristirahat.

Demikianlah beberapa fakta unik kera tarsius khas Sulawesi Utara. Cukup disayangkan, bahwa kera mungil yang satu ini semakin hari semakin berkurang populasinya karena hutan tempat mereka hidup sudah banyak dialihfungsikan. Oleh karena itu, untuk menjaga keberadaan tarsius, yuk jaga juga kelestarian hutan kita!

Leave a Reply

0
Scroll to Top