Ini Nih 5 Fakta Unik Komodo, Si Kadal Terbesar di Dunia

Anda tentu tidak asing dengan hewan satu ini bukan? Kadal hidup terbesar di dunia yang berhabitat di Pulau Komodo, Kepulauan Nusa Tenggara. Meski begitu, nyatanya komodo bukanlah hewan asli Indonesia. Diketahui tidak ada ilmuwan Barat yang melihat seekor komodo sampai tahun 1912, menurut Kebun Binatang San Diego. Orang-orang lokal menyebut hewan ini dengan ora atau buaya darat. Berikut adalah fakta unik komodo yang perlu anda ketahui.

Fakta Unik Komodo

Meski menjadi hewan ikonik di Indonesia, apakah masyarakat sudah cukup mengenal hewan berbisa ini? Agar lebih tahu, simak beberapa fakta unik komodo berikut ini.

1.Hewan asal Australia

Meski terkenal memiliki habitat di Pulau Komodo, hewan ini bermula di Land Down Under. Jejak fosilnya berpindah dari Australia menuju ke pulau-pulau di Indonesia. Tiba di Flores sekitar 900 ribu tahun yang lalu, menurut LiveScience.

Sebuah catatan dari ahli paleontologi dan lingkungan dari Macquarie University di Sydney, Tim Flannery, mengungkapkan bahwa komodo kemungkinan hilang dari Australia pada 50 ribu tahun yang lalu.

2. Dapat mengalahkan mangsa yang sangat besar

Komodo memiliki ukuan sepanjang sekitar 2,5 meter dan beratnya mencapai 90 kilogram. Tidak heran jika mereka dapat mengalahkan hewan sebesar babi hutan, rusa maupun kerbau.
Untuk menangkap mangsa, mereka gunakan strategi penyergapan. Cocok dengan lingkungan tanah di pulau mereka.

3. Kulit seperti baju besi

Penelitian dari University of Texas di Austin menemukan, komodo memiliki endapan tulang di kulitnya, yang disebut osteodermata. Kulit ini terbentuk seiring berkembangnya komodo. Itulah mengapa osteodermata ini mengungkap pertumbuhan komodo.

4. Memiliki metabolisme yang berbeda dari reptil lain

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Ecology & Evolution, komodo dapat mencapai metabolisme yang lebih seperti mamalia dan ini bermanfaat dalam hal berburu mangsa.

5. Dapat makan sebanyak 80% dari berat tubuhnya

Tidak hanya besar, komodo memiliki selera makan yang tak kalah besarnya. Reptil ini mampu menelan sebanyak 80% dari berat badan mereka sendiri dalam sekali makan. Karena metabolisme komodo termasuk lambat dan dapat menelan begitu banyak dalam sekali makan, komodo dapat bertahan hidup hanya dengan satu kali makan dalam sebulan.

Nah, dari fakta fakta unik di atas di atas sekarang Anda sudah tahu bukan bahwa komodo adalah kadal besar yang lain daripada yang lain. Tidak heran jika komodo menjadi salah satu ikon di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top