Jadi Maskot Pulau Sulawesi, Ini 5 Ciri Khusus Anoa!

Indonesia memang negara yang memiliki banyak hewan endemik nan eksotis dari berbagai daerah, salah satunya adalah Anoa. Binatang endemik yang satu ini banyak ditemukan di Pulau Sulawesi dan Pulau Buton. Anoa sendiri sering kali disebut dengan kerbau kerdil karena bentuk tubuhnya yang mirip kerbau yang mungil. Meskipun tubuhnya lebih kecil daripada kerbau, namun Anoa lebih agresif dan sulit untuk dijinakkan, apalagi untuk menjadi hewan ternak. Dengan karakternya yang liar dan endemik, maka Anoa termasuk dalam kategori hewan liar yang dilindungi. Untuk lebih tahu tentang hewan tersebut, yuk simak beberapa ciri khusus Anoa berikut ini!

5 Ciri Khusus dari Hewan Anoa

Ada beberapa ciri khusus hewan Anoa yang bisa Anda kenali dari fisiknya, antara lain:

1. Tanduk Meruncing Lurus ke Belakang

Salah satu ciri penting dari Anoa adalah memiliki tanduk di kepala yang mengarah lurus ke belakang. Bentuk tanduknya hampir mirip dengan penampang berbentuk segitiga bangun, mirip dengan tanduk yang dimiliki oleh kerbau.

2. Ciri Bulu dan Kulit

Anoa gunung memiliki bulu yang lebat berwarna coklat tua atau hitam, berbeda dengan anoa dataran rendah yang berbulu sedang namun tetap berwarna gelap. Selain bulu yang berwarna gelap, kulit dari Anoa pun juga berwarna gelap, yaitu hitam keabuan.

3. Bentuk Tubuh

Sering disebut dengan kerbau kerdil atau kerbau cebol, bentuk tubuh Anoa memang menyerupai kerbau, namun tinggi pundaknya hanya mencapai 60-100 cm. Berbeda dengan tubuhnya yang mirip kerbau, kaki dari anoa berwarna putih mirip sapi.

4. Wajah Menyerupai Kambing

Meskipun banyak dikenal sebagai kerbau kerdil, nyatanya wajah Anoa mirip dengan kambing. Mulutnya terlihat tegas menonjol dengan rahang yang begitu mirip kambing namun sedikit lebih besar.

5. Berat Badan

Dengan tubuh yang tidak terlalu besar dan tinggi, berat Anoa pun tergolong tidak terlalu berat dibanding kerbau maupun sapi. Bobot Anoa biasanya hanya berkisar 75 kg sampai 300 kg tergantung jenisnya.

Demikian beberapa ciri khusus Anoa, si hewan yang jadi maskot Pulau Sulawesi. Sayangnya, Anoa sendiri menjadi hewan yang terancam punah karena perburuan liar dan lambatnya perkembangbiakan alamiah Anoa. Sebagai informasi, Anoa ini membutuhkan waktu 276 – 315 hari untuk mengandung, bukan waktu yang sebentar ya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online