5 Fakta Menarik Cenderawasih, Si Burung Cantik yang Dilindungi

Siapa yang tak mengenal burung cantik cenderawasih, burung khas yang memiliki keelokan warna dan bentuk. Burung cenderawasih sendiri banyak ditemukan di Papua, Papua Nugini, dan Australia, namun kini sudah banyak dipelihara di berbagai negara. Selain memiliki tubuh yang elok, cenderawasih juga memiliki tubuh panjang karena bisa mencapai 110 cm, namun ada juga yang hanya sepanjang 15 cm. Yuk simak terlebih dahulu fakta menarik cenderawasih berikut ini.

Daftar Fakta Menarik Cenderawasih

Memiliki tubuh yang indah, cenderawasih memiliki berbagai fakta unik lho. Berikut adalah beberapa fakta menarik cenderawasih yang perlu Anda ketahui:

1 Karakteristik

`Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa karakteristik utama cenderawasih adalah pada keindahan bulunya. Cenderawasih biasanya memiliki bulu yang mencolok, cerah, dan manrik seperti warna biru, orange, hijau, merah, bahkan kuning.

2. Burung Surga

Karena keindahan tubuh, bulu, dan warnanya burung cenderawasih sering kali disebut dengan burung surga. Tak heran, bahwa nama latin burung cenderawasih adalah Paradisaeidae yang berarti surga. Burung ini juga mendapat julukan birds of paradise yang dalam mitos Eropa dianggap burung yang melayang-layang di surga.

3. Pernah Dimanfaatkan Bulunya

Konon, zaman dulu orang Papua menggunakan bulu burung cenderawasih untuk hiasan pakaian adat. Sedangkan orang Inggris pada abad ke-19 menggunakan bulu burung cenderawasih sebagai hiasan topi. Namun pemanfaatan itu kini sudah tidak dilakukan lagi karena cenderawasih termasuk satwa yang dilindungi.

4. Spesies

Cenderasarih memiliki banyak spesies, terdiri dari 14 genus dengan 43 spesies. Indonesia memiliki 41 spesies cenderawasih 37 di mana spesies di antaranya berhabitat di Papua.

5. Ritual Kawin

Dalam masa kawin, cenderawasih jantan biasanya akan meliuk-liukkan bulu cerahnya untuk menarik perhatian cenderawasih betina. Liukkan bulu yang serupa dengan tarian ini menampilkan kelenturan badan dan bulu mereka. Tak hanya itu, sebelum menari cenderawasih jantan juga mempersiapkan dirinya, seperti membersihkan paruh mereka.

Demikianlah beberapa fakta menarik cenderawasih yang cantik dan berkebiasaan unik. Jika Anda penasaran ingin mengamati cenderasih langsung pada habitatnya, maka datanglah ke Papua dan berkunjung ke beberapa daerah, seperti Wamena, Mamberamo Foja, Jaya WIjaya, hingga Merauke. Bagaimana Anda tertarik?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top