4 Fakta Menarik Rumput Raja, Lebih Baik dari Rumput Gajah!

Rumput raja merupakan salah satu jenis rumput yang banyak diminati oleh para peternak karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Rumput raja merupakan rumput hasil silang antara rumput gajah dengan rumput barja.

Tak heran rumput jenis ini sering kali dibanding-bandingkan dengan rumput gajah yang telah lama menjadi idola untuk para peternak. Namun banyak yang mengatakan, bahwa rumput raja memiliki kualitas yang lebih baik dari kedua silangannya. Untuk mengetahui banyak tentang fakta menarik rumput raja, yuk simak beberapa informasi berikut ini.

4 Fakta Menarik tentang Rumput raja

Ada beberapa fakta menarik rumput raja yang perlu Anda ketahui sebelum menjadikannya pakan hijauan untuk hewan ternak Anda, antara lain:

1. Kandungan Nutrisi Lebih Baik dari Rumput Gajah

Kandungan nutrisi pada rumput raja dianggap lebih baik daripada rumput gajah. Sebagai contoh, protein kasar rumput raja sekitar 11 persen, sedangkan rumput gajah hanya sekitar 8 persen. Perbedaan nutrisi juga terletak pada perbedaan jumlah protein dan beberapa kandungan lain di mana rumput raja masih lebih unggul.

2. Ciri Khas Rumput Raja

Rumput raja adalah jenis tanaman yang memiliki umur panjang, rumpun, tegak, bahkan akar dan tingginya bisa mencapai 4 meter. Rumput ini memiliki batang yang keras dan tebal, daunnya lebar dan panjang saat memasuki umur yang tua.

3. Keunggulan Rumput raja

Rumput raja cenderung lebih disukai oleh hewan ternak dibandingkan dengan jenis rumput yang lain karena rasa dan kandungannya. Selain itu, rumput ini juga tahan kering dan dapat dipanen dengan waktu yang cepat. Pada penanaman pertama, rumput ini bisa dipanen sekitar 2 sampai 3 bulan, setelah itu rumput bisa dipanen setiap 6 minggu sekali.

4. Penanaman Bisa Dilakukan dengan 2 Cara

Penanaman rumput raja bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu sobekan dan stek. Pada cara stek, batang untuk stek sebaiknya berumur kurang lebih 8 bulan dengan panjang 25-30 cm. Sedangkan pada cara sobekan, rumput yang dipilih adalah rumput muda. Selain muda, ciri rumput yang ideal dalam metode sobekan adalah memiliki tinggi 20-25 cm. Pada sobekan rumpun sendiri Anda perlu membuat lubang dengan kedalaman 20 cm.

Itulah 4 fakta menarik rumput raja yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai pakan. Jangan lupa untuk memastikan rumput bebas pestisida sebelum menjadikannya pakan untuk ternak Anda. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top