Mudah! Ini Dia 3 Cara Menanam Rumput Odot

Nama rumput odot belakangan sedang menjadi primadona untuk pakan hijau ternak. Hal tersebut karena rasa dari rumput odot yang disukai ternak. Selain itu, kandungan nutrisinya yang berlimpah membuat hewan sehat dan cepat besar.

cara-menanam-rumput-odot-star-farm
cara-menanam-rumput-odot-star-farm

Rumput odot memiliki nama latin Pennisetum purpureum cv. Mott Mulanya dibudidayakan oleh petani asal Jawa Timur yang sempat jadi TKI di Amerika. Dia mencontoh penanaman rumput odot di Indonesia, khususnya di Blora, Jawa Timur. Kehadiran rumput odot ini disambut dengan antusias oleh peternak karena kualitasnya yang sangat baik. Oleh karena itu, apabila Anda tertarik, maka berikut adalah beberapa cara menanam rumput odot yang bisa Anda ikuti.

3 Langkah Menanam Rumput Odot

Ada beberapa cara menanam rumput odot, antara lain:

1. Pembibitan

Bibit rumput odot sendiri merupakan rumput yang berasal dari stek. Cara penanamannya cukup mudah. Anda hanya perlu memotong bibit rumput sepanjang 15 sampai 25 cm. Kemudian, benamkan pada lahan yang sebelumnya sudah digali.

Akan lebih baik jika sebelum penanaman Anda melakukan pemupukan pada tanah menggunakan pupuk kandang. Pastikan lokasi penanaman terkena cukup sinar matahari.

2. Perawatan

Seperti tanaman rumput yang lain, Odot pun tak memerlukan perawatan khusus karena dengan sendirinya dapat melawan gulma. Hal yang perlu Anda waspadai adalah ternak lain, seperti unggas yang bisa memakan rumput yang belum siap dipanen.

Pada perawatan jenis rumput ini, Anda dianjurkan tidak menggunakan pestisid. Sebab, dikhawatirkan akan meracuni ternak ketika rumput sudah menjadi pakan. Beri pupuk organik di awal sudah cukup untuk perkembangan rumput.

3. Panen

Pemanenan bisa dilakukan secara berkala dengan jarak antara 25 hingga 30 hari. Jangan biarkan rumput terlalu menua dan garing karena tidak akan dikonsumsi oleh ternak Anda. Keuntungan bagi Anda, rumput jenis ini semakin sering dipanen akan semakin baik. Lakukan pemanenan dengan metode pemotongan rumput dan menyisakan 5 sampai 10 cm batang rumput. Lalu, kembali sirami pupuk organik agar daun kembali tumbuh.

Demikianlah tiga cara menanam rumput odot yang bisa Anda lakukan sendiri. Agar rumput tak kering, lakukan juga penyiraman secara berkala. jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan perkembangan rumput. Bagaimana, bukan hal sulit kan? Yuk tanam rumput odot!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top