Cara Budidaya Rumput Guatemala Untuk Pakan Ternak

Apakah Anda ingin menambah penghasilan dengan cara memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki? Sebagai solusinya Anda dapat menanam rumput Guatemala karena banyak yang mencarinya sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing, kerbau dan lain sebagainya. Yang paling menguntungkan adalah Anda tidak perlu banyak biaya dan waktu untuk merawatnya karena rumput dapat tumbuh dengan mudah di segala medan. Bagaimanakah cara budidaya rumput guatemala? Yuk simak.

Cara Menanam Dan Memanen Rumput Guatemala

Rumput ini memiliki nama latin latin tripsacum laxum /andersonil yang mungkin belum begitu familiar di kalangan masyarakat. Jenis rumput ini bisa dijadikan pakan ternak yang baik dan cukup praktis. Untuk Anda yang tertarik, berikut ini adalah cara budidaya rumput Guatemala.

  • Siapkan bibit rumput Guatemala yang akan ditanam. Jika Anda sulit menemukan bibitnya, Anda dapat membelinya secara online karena sudah banyak yang menjualnya. Lewat penjual online ini Anda bisa menanyakan beberapa informasi mengenai cara perawatannya atau kendala yang biasanya terjadi saat menanamnya.
  • Cara menanamnya cukup mudah karena Anda tinggal menancapkannya ke tanah saja. Untuk ukuran bibitnya, siapkan bibit dengan ukuran kurang lebih 20 cm.
  • Rumput akan tumbuh dengan sendirinya tanpa memerlukan banyak perawatan. Ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang.
  • Untuk memanen atau memotongnya, Anda tidak boleh memotongnya hingga bagian paling bawah. Cukup memotong di bagian tengah batangnya saja atau di bagian daunnya. Tujuannya adalah agar rumput dapat tumbuh dan berkembang lagi.
  • Dengan memotong rumput di bagian tengahnya saja, Anda tidak perlu menanam lagi dan rumput akan berkembang semakin banyak.

Jadi bibit rumput Guatemala ini adalah berupa anak pokoknya atau rumput yang sudah memiliki akar berwarna merah. Rumput ini sangat mudah untuk tumbuh dan cepat membesar tanpa harus dipupuk. Yang terpenting adalah Anda memberikan cukup air setiap harinya agar bisa tumbuh secara optimal.

Cukup mudah bukan cara budidaya rumput Guatemala ini? Selain untuk dijual sebagai tambahan penghasilan, untuk Anda yang memiliki ternak juga akan sangat membantu. Anda tidak perlu lagi mencari rumput sendiri atau membelinya di penjual rumput. Cukup memanfaatkan lahan kosong Anda saja. Jika Anda masih merasa bingung dengan cara menanamnya, Anda dapat menanyakannya pada penjual bibitnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top