9 Fakta Menarik Burung Gagak Terkenal Cerdas

Saat mendengar nama burung gagak, yang ada di bayangan kita adalah seekor burung dengan warna hitam legam, suara yang tidak cukup merdu dan tidak menarik. Selain itu gagak juga lekat dengan pertanda pembawa kematian, kesialan dan hal buruk yang lainnya. Namun ternyata burung ini memiliki sesuatu yang istimewa dan mengejutkan. Yuk, simak fakta menarik burung gagak agar Anda memiliki pengetahuan yang lebih luas lagi.

Fakta Menarik Burung Gagak

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik burung gagak yang mungkin belum Anda ketahui dan akan membuat Anda terkagum-kagum:

1. Gagak adalah burung yang cerdas

Siapa sangka si hitam legam ini adalah salah satu jenis burung yang cerdas. Hal ini terlihat dari ukuran rasio massa otak dan tubuh yang besarnya sekitar 2,7% sedangkan rasio otak manusia saja hanya 1,9 % saja.

Kecerdasannya ini terbukti dari perilaku gagak yang sering menggunakan alat untuk mendapatkan makanannya. Selain itu, beberapa jenis gagak juga dapat mengetahui rambu-rambu lalu lintas.

2. Komunitas pengembara

Dalam sekelompok burung gagak, ada gagak dewasa yang tidak melakukan perkawinan dan mereka dikenal sebagai kelompok pengembara.

3. Umur gagak

Seperti yang kita tahu, hewan jenis burung tidak memiliki masa hidup yang cukup lama. Namun fakta mengejutkannya, burung gagak bisa mencapai umur 14 tahun.

4. Sarang untuk kawin

Saat datang masa kawin, gagak akan membuat sarang di tempat yang tinggi. Biasanya sarang tersebut berada di ketinggian 4,5 hingga 18 meter dari permukaan tanah.

Selain itu, ukuran sarangnya juga relatif besar yaitu berkisar 46 hingga 61 cm diameternya. Sarang ini dibuat dari ranting, cabang, lumut, benang, kulit kayu dan lain sebagainya.

5. Logat gagak yang berbeda-beda

Fakta menarik lain dari burung gagak adalah mereka memiliki logat berbeda-beda di setiap daerahnya. Jadi tidak hanya manusia saja yang memiliki logat berbeda untuk berkomunikasi setiap harinya namun juga dalam lingkungan burung gagak.

Hal ini terlihat dari aksen suaranya yang berbeda dari kawasan satu dengan kawasan lainnya. Uniknya, saat gagak tersebut pindah ke lokasi tertentu dan kelompok lain, suaranya dapat menyesuaikan seperti logat lingkungan yang ditempatinya.

6. Gagak albino

Ternyata gagak ada yang berwarna putih penuh dan hal ini terjadi karena adanya mutase genetik. Jenis gagak ini biasanya lebih dikenal sebagai gagak albino.

7. Gagak bisa menirukan suara manusia

Ternyata burung gagak juga bisa menirukan suara manusia seperti jenis burung kakak tua atau beo. Hal ini akan terjadi bila gagak dipelihara oleh manusia dan mendengar kata-kata tersebut setiap harinya. Otaknya yang cerdas dapat merekam dan menirukan suara manusia, mobil, mesin, binatang lain dan lain sebagainya.

8. Gagak adalah saudara dan anak yang baik

Beberapa burung mungkin dikenal sebagai induk yang baik. Namun gagak lebih dikenal sebagai saudara dan anak yang baik di kalangan burung lainnya.

Beberapa ilmuwan yang melakukan pengamatan mengatakan bahwa gagak yang sudah remaja akan membawakan makanan ke sarang untuk adik-adiknya yang baru saja menetas. Dia akan menggantikan tugas yang biasanya dilakukan oleh induknya.

Selain itu gagak juga anak yang baik karena akan membawakan makanan bagi orangtuanya. Di sisi lain gagak juga akan menjaga sarang induknya dari serangan predator yang membahayakan nyawa. Benar-benar anak yang baik bukan?

9. Gagak adalah burung yang bisa balas dendam

Jangan sekali-kali Anda mengganggu gagak dan membuatnya dendam kepada Anda. Burung cerdas ini ternyata bisa menyimpan dendam dan mengenali orang yang sudah membuatnya marah tersebut.

Fakta ini sudah diteliti yaitu saat seekor gagak diperlakukan tidak baik, dia dapat menyerang pelakunya. Mengerikannya lagi, dia bisa mengajak teman-temannya untuk melakukan penyerangan.

Ternyata ada banyak fakta menarik burung gagak yang belum kita ketahui. Menarik sekali ternyata hewan ini dengan segala keistimewaan dan kecerdasannya. Semoga informasi ini dapat memperluas pengetahuan kita.

Leave a Reply

0
Scroll to Top