6 Cara Membersihkan Gigi Kucing Agar Sehat Bebas Penyakit

Cara membersihkan gigi kucing perlu diperhatikan dengan baik demi kesehatannya.

Anda punya kucing di rumah? Selain memandikannya, jangan lupa juga merawat kebersihan gigi kucing dengan menyikatnya. Tujuan dari membersihkan gigi kucing rumahan ini adalah untuk menjaga kesehatannya. Bila jarang dibersihkan, biasanya akan timbul plak gigi, bau mulut menyengat, karang gigi, gusi bermasalah dan lain sebagainya.

Saat kucing terkena sakit gigi, dia akan malas untuk makan ataupun mengunyah dan tentu saja berpengaruh pada kesehatannya. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya, Anda harus menyimak cara membersihkan gigi kucing berikut ini.

Cara Membersihkan Gigi Kucing

Inilah beberapa langkah dan tips yang harus Anda lakukan sebagai cara membersihkan gigi kucing.

1. Menyediakan peralatan sikat gigi

Agar aman, lakukan cara ini ini dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus kucing. Anda bisa mendapatkannya di petshop atau online shop. Jika tidak ada, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi yang biasa digunakan untuk anak-anak.

Pilihlah pasta gigi yang tidak terlalu kuat rasa mintnya dan lebih dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi dengan rasa enak. Dengan membersihkan gigi kucing secara teratur, bau nafasnya akan wangi dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Memijat wajah kucing

Pemijatan ini bertujuan agar kucing sudah terbiasa mendapatkan sentuhan di bagian wajahnya dan tidak berontak saat nanti disikat giginya. Lakukan pemijatan di bagian dagu dan juga rahangnya dalam beberapa menit setiap harinya.

Caranya dapat dilakukan dengan memegang bagian kepala kucing seperti sedang mendekap bola. Setelah itu gunakan jari Anda untuk memijat wajah kucing dan lakukan dengan lembut di bagian rahang dan dagu.

3. Memegang kepala kucing saat menyikat giginya

Cara jitu yang harus Anda lakukan saat menyikat gigi kucing tentu saja adalah dengan memegang kepalanya agar lebih mudah melakukannya. Langkah pertamanya yaitu memegang kepala kucing dengan menggunakan telapak tangan dan genggam dengan kuat.

Perlu diingat, jangan terlalu melakukan penekanan sehingga membuat kucing merasa tersakiti. Setelah itu bukalah perlahan mulutnya dengan menekan ujung mulutnya dengan jari tengah dan jempol Anda. Tangan yang lain dapat digunakan untuk membuka rahang bagian bawah.

4. Menggunakan pasta gigi

Setelah Anda merasa kucing sudah dalam posisi yang aman dan nyaman, lakukan proses selanjutnya. Oleskanlah pasta gigi di semua permukaan gigi kucing.

Pijat dengan lembut gigi kucing menggunakan jari. Anda lebih dianjurkan membeli pasta gigi khusus kucing yang memiliki rasa daging agar kucing merasa lebih senang dan tidak melakukan penolakan.

5. Cara menggunakan sikat gigi

Setelah langkah mengoleskan pasta gigi selesai, gunakan sikat gigi khusus kucing dengan gerakan vertical atau horizontal untuk setiap bagian gigi. Anda dapat menyikat setiap gigi dengan durasi kurang lebih 30 detik hingga dirasa sudah cukup bersih dan mengkilap.

Dalam pemilihan sikat gigi Anda bisa memilih yang digunakan di jari Anda ataupun sikat gigi yang memiliki pegangan. Lakukan penyikatan di bagian dalam, luar dan atas.

6. Berikan reward ke kucing

Setelah proses menyikat gigi selesai, jangan lupa memberikan reward kepada kucing Anda. Proses menyikat gigi ini mungkin adalah hal yang tidak menyenangkan bagi kucing dan membuatnya cukup stress. Berikan pelukan, pujian, belaian atau makanan favoritnya sebagai reward.

Sebaiknya Anda melakukan kebiasaan menyikat gigi ini sejak kucing masih kecil sehingga sudah menjadi kebiasaan. Bila sudah terlanjur dewasa, lakukan dengan pelan-pelan dan sabar sehingga kucing bisa merasa nyaman dan tidak terpaksa.

Cara membersihkan gigi kucing ini bisa dibilang cukup menantang dan perlu kesabaran. Jadi, lakukanlah dengan perlahan dan jangan memaksakan pada kucing. Buatlah kucing merasa nyaman dengan menjadikannya sebagai kebiasaan setiap harinya.

Semoga informasi ini membantu dan kucing Anda dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit gigi serta mulut.

Leave a Reply

0
Scroll to Top