Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara, Yuk Simak Apa Saja

Memilih jenis burung yang mudah dipelihara perlu diperhatikan, khususnya bagi pemula.

Kicauan burung di pagi hari, mampu membuat siapapun yang mendengarnya merasa senang. Selain merdunya suara burung, memelihara burung menjadi keasyikan tersendiri.

Memelihara burung dinilai mampu menghilangkan stres, oleh sebab itu tak jarang orang ingin memelihara burung. Sebagai hewan jenis vetebrata burung memiliki sekitar 10.000 spesies.

5 Jenis Burung Yang Mudah Pemeliharaanya

Dewasa ini terdapat banyak komunitas burung di seluruh penjuru baik di desa maupun perkotaan. Hal ini karena memiliki burung peliharaan menjadi kepuasan tersendiri.

Tidak hanya untuk menikmati kepiawaian dan keindahan burung semata, bagi yang bisa memanfaatkan peluang hobi ini pun bisa menghasilkan uang.

Biar hobi memelihara burung ini bisa menghasilkan uang, kamu harus mengetahui secara detail jenis burung yang mudah dipelihara. Burung-burung tersebut diantaranya :

1. Burung Jalak

Burung jalak terkenal akan suaranya yang merdu, membuat kicauannya nyaman didengar. Meski bentuk fisiknya yang tidak terlalu rupawan, namun kecerdasan burung jalak membuat banyak orang ingin memeliharanya.

Burung dengan ukuran sekitar 20-25 cm ini memiliki paruh yang kuat, tajam dan lurus. Jenis burung satu ini termasuk jenis burung yang pemeliharaannya tergolong mudah. Pemiliknya hanya perlu menyiapkan kandang berukuran sedang.

2. Burung Lovebird

Dewasa ini banyak komunitas pecinta burung mengadakan lomba atraksi burung. Burung lovebird merupakan salah satu burung yang mudah dilatih untuk melakukan atraksi menarik. Burung yang berasal dari Africa dan juga Madagaskar ini memiliki ukuran kecil yakni 13-17 cm, dengan berat sekitar 40 sampai 60 gram.

Kecil-kecil cabe rawit, itulah julukan yang cocok untuk burung lovebird. Meski ukurannya kecil tak membuat burung ini lamban, tapi justru lincah saat beratraksi.

Berkat kelincahan atraksinya, burung lovebird menjadi burung yang banyak diminati untuk dipelihara. Selain juga termasuk jenis burung yang mudah dipelihara

3. Burung Beo

Pagi hari bermain dengan burung beo menjadi aktifitas rutin pecinta burung. Pasalnya burung satu ini pandai menirukan suara atau bunyi yang didengarnya. Para pecinta burung menyapa burung beo dengan sebuah siulan.

Tak jarang pula yang melatihnya dengan nyanyian ataupun memanggil dan menyapa nama seseorang. Burung beo memiliki bulu berwarna hitam dengan paruhnya berwarna kuning kemerahan. Mudah mengenal pemiliknya menjadikan burung ini termasuk burung yang mudah dipelihara.

4. Burung Murai Batu

Burung Murai Batu juga dikenal dengan Burung Kucica Hutan. Selain bentuk ekornya yang menawan, Murai Batu juga memiliki suara yang indah nan merdu. Suraranya yang merdu membuat nyanyian dari burung ini terdengar indah.

Jenis Burung Murai Batu di Indonesia begitu beragam seperti Murai Batu Medan, Nias, hingga Murai Batu Borneo. Burung ini mudah dijinakkan, sehingga menjadi satu dari sekian jenis burung yang mudah dipelihara.

5. Burung Kenari

Burung dengan bulunya yang cantik ini akan menambah keindahan panorama rumah. Di sisi lain Burung Kenari juga memiliki suara merdu yang tak kalah dengan kicauan burung lainnya. Kemungilan bentuknya, membuat gemas mata yang memandang.

Burung kenari termasuk jenis burung yang mudah dijinakkan dan dipelihara. Pemiliknya hanya perlu menyiapkan makan dan minum dan juga menjaga kebersihan kandangnya.

Jenis burung-burung tersebut merupakan jenis burung yang mudah dijinakkan. Selain mudah dijinakkan kelima jenis burung tersebut juga mudah dirawat.

Jadi bagi siapa saja yang ingin memelihara burung, pilihlah jenis burung yang mudah dipelihara seperti kelima burung di atas. Mudahnya pemeliharaan akan semakin membuat pemiliknya menyalurkan hobinya tanpa kerepotan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top