Ciri-ciri Siput, Hewan Paling Lambat di Dunia

Siput dikatakan sebagai salah satu hewan yang bergeraknya sangat lambat. Ini adalah ciri-ciri siput yang paling mudah diketahui. Hewan yang juga selalu membawa cangkangnya kemana-mana ini juga dianggap hewan yang menjijikkan dan bikin geli.

Pasalnya, tubuh lembek siput seringkali membuat tubuh seseorang yang memegangnya menjadi bergidik. Namun, hewan lambat ini ternyata adalah hewan cukup digemari sebagai olahan makanan. Banyak orang yang suka masakan-masakan yang terbuat dari siput. Itulah mengapa banyak orang mulai beternak siput.

Ciri-Ciri Siput yang Harus Diketahui

Tidak salah jika siput banyak dikonsumsi oleh manusia. Kandungan gizi dan nutrisi dalam tubuh hewan ini sangat banyak dan bermanfaat. Salah satu kandungan gizinya adalah protein, lemak dan vitamin. Olahan masakannya pun enak dan nikmat di lidah.

Bagi Anda yang belum mengetahui dengan pasti bagaimana ciri-ciri siput, berikut ini ulasannya.

1. Memiliki Cangkang

Siput termasuk dalam kelas Mollusca yang hidup dengan membawa cangkang sebagai pelindungnya. Hal ini dikarenakan tubuh siput yang sangat lembek, maka siput dilindungi dengan cangkang yang sangat keras.

Cangkang siput terdiri dari komposisi CaCO3 sehingga saat bertabrakan atau terbentur benda keras, cangkangnya tidak mudah pecah. Cangkang ini juga melindungi siput dari bahaya lingkungan sekitar yang mengancam.

Bentuk cangkang siput sangat bervariasi. Ada yang bentuknya kerucut, lonjong ke atas, ke samping kanan atau kiri dan lain sebagainya. Bentuk cangkang siput dipengaruhi oleh lingkungan dan kebutuhan tubuhnya.

2. Bertubuh Lunak

Ciri kedua dari hewan ini adalah tubuh yang sangat lunak. Anda bisa membayangkan sedang menyentuh jelly, seperti itulah ketika Anda menyentuh siput. Hewan ini sangat lunak sekali karena termasuk hewan yang tidak bertulang belakang.

Tubuhnya sangat fleksible dan hampir tidak ada ruas-ruas di sepanjang badannya. Bagian inilah yang dikonsumsi orang-orang sebagai makanan. Tubuh siput yang lembek mengandung banyak sekali zat gizi dan nutrisi.

3. Mempunyai Kelenjar Lendir

Ciri-ciri siput selanjutnya adalah mempunyai kelenjar lendir yang berlimpah. Pernahkah Anda melihat bekas jalan yang sudah dilalui seekor siput. Anda akan melihat garis basah yang ketika disentuh akan terasa berlendir.

Lendir tersebut dihasilkan oleh siput sebagai bentuk perlindungan diri karena melalui jalanan yang kasar. Lendir ini menyelimuti seluruh tubuh siput dan menghindarkan tubuhnya dari goresan atau luka.

4. Bisa Melewati Benda Tajam

Seperti halnya berjalan di atas tanah atau jalanan yang kasar, siput juga tidak akan terluka saat mereka melewati jalanan yang tajam. Contohnya ketika mereka melewati jalan berkerikil atau bebatuan yang tajam. Tubuh siput tidak akan terluka sama sekali.

Hal ini dikarenakan lapisan lendir yang menyelimuti tubuh siput membuat tubuhnya menjadi licin. Dengan demikian, mereka dengan mudah bergerak meski di atas benda tajam sekalipun.

5. Berjalan dengan Perut

Hampir sama seperti ular, siput juga bergerak dengan perutnya. Perut siput melakukan kontraksi bergelombang dari depan ke belakang. Dengan kontraksi ini, tubuh siput dapat bergerak maju meski sedikit demi sedikit.

Pergerakan ini memakan banyak waktu. Untuk bergerak 1 cm saja, siput harus mengeluarkan banyak energi, terlebih lagi mereka membawa cangkang yang cukup berat. Tidak heran jika hewan ini disebut dengan hewan terlambat di dunia.

6. Hewan yang Peka

Meskipun tergolong hewan yang lembek dan selalu basah, siput rupanya adalah hewan yang sangat peka terhadap rangsangan. Saat mereka merasakan ada tanda-tanda bahaya, mereka akan menggulung tubuhnya dan masuk ke dalam cangkang.

Itulah ciri-ciri siput yang perlu Anda ketahui. Hewan lembek ini memang membuat geli orang-orang yang tidak terbiasa menyentuhnya. Namun ketika sudah diolah, siput akan menjadi makanan yang luar biasa enaknya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top