5 Fakta Menarik tentang Gajah Afrika, Mamalia Besar yang Cerdas

Gajah Afrika merupakan salah satu mamalia yang ukurannya cukup besar dan bahkan dikatakan sebagai yang terbesar diantara spesiesnya. Hewan ini bisa mencapai tinggi 4 meter saat tumbuh maksimal, sedangkan gajah Asia rata-rata hanya tumbuh 3,5 meter paling tinggi. Gajah yang populasinya sudah semakin menurun ini ternyata memiliki beberapa sisi dan fakta unik yang perlu untuk digali dan diketahui. Apa sajakah itu? Yuk simak info berikut ini.

Sisi Unik Gajah Afrika yang Perlu Anda Tahu

Sebagai salah satu spesies mamalia yang terbesar di dunia, Gajah Afrika memiliki ciri yang sangat mencolok. Hewan yang satu ini sangat besar dengan gading juga berukuran jumbo. Tidak heran jika hewan ini dijadikan buruan untuk diambil keuntungannya.

Berikut ini adalah beberapa keunikan dan fakta menarik tentang gajah yang hidup di daerah Afrika ini, diantaranya adalah:

1. Ada Dua Jenis

Terdapat dua jenis. Jenis yang pertama adalah gajah sabana Afrika atau nama latinnya adalah Loxodonta africana dan gajah hutan Afrika atau Loxodonta cyclotis.

Kedua gajah ini berbeda satu sama lain secara genetika dan ukuran. Kedua gajah ini hidup di masa berbeda yaitu terpisah jarak sekitar 2,6 – 5,6 juta tahun yang lalu. Gajah sabana memiliki ukuran yang sangat besar yaitu dua kali lipat gajah hutan Afrika.

2. Makan Paling Banyak Hingga 450 kg

Keunikan lain dari hewan bertubuh besar ini adalah bahwa mereka mampu melahap makanan hingga 450 kg per hari. Gajah ini dapat memakan buah, pohon, rumput, tanaman apa saja yang ada dihadapannya. Mereka tergolong hewan yang rakus.

Meskipun mampu memakan makanan sebanyak itu, namun pencernaan gajah tidak sebaik hewan lainnya. Gajah hanya mampu memproses 40 persen dari makanan yang masuk untuk kebutuhan tubuhnya.

3. Hamil Paling Lama

Gajah memang diketahui sebagai hewan yang memiliki masa mengandung paling lama, tidak terkecuali gajah dari Afrika ini. Gajah Afrika betina akan mengandung anaknya dalam masa sekitar hampir 2 tahun atau tepatnya 22 bulan.

Sang betina bisa mulai hamil pada usia 15 sampai 16 tahun. Mereka bisa melahirkan anak-anak hingga 12 ekor gajah. Namun sayangnya, masa kehamilan gajah ini bisa dibilang sangat lama.

4. Bisa Berlari Cepat

Meskipun memiliki tubuh yang sangat besar, jangan remehkan kemampuan berjalan dan berlari gajah ini. Mereka dapat berlari sangat cepat hingga kecepatan 40 mph. Selain itu, gajah ini juga bisa berjalan dengan sangat cepat.

Jika diakumulasikan, gajah afrika bisa berjalan hingga 195 km perhari dalam kondisi yang sangat terdesak. Namun jika dirata-rata, mereka hanya berjalan sekitar 25 km saja perharinya.

5. Hewan yang Cerdas

Keunikan terakhir dari hewan mamalia ini adalah daya ingat dan kecerdasannya yang cukup tinggi. Hewan ini memiliki otak seberat 5 kg yang merupakan otak terberat dari semua jenis hewan di daratan. Inilah yang menyebabkan gajah menjadi hewan cerdas.

Gajah memiliki daya ingat yang sangat kuat. Mereka mampu menghafal kondisi alam sekitar dengan detail juga mampu berkomunikasi dalam berbagai cara. Gajah ini juga bisa menggunakan indra sentuhan, rasa dan juga penciuman.

Itulah beberapa sisi unik dan menarik dari seekor gajah Afrika. Mamalia yang satu ini kini sedang menghadapi ancaman kemusnahan karena keserakahan manusia. Oleh sebab itu, perburuan hewan ini harus segera dihentikan supaya populasinya dapat diselamatkan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top