Mudah Dikenali, Inilah 6 Ciri-Ciri Kelinci Hamil

Banyak orang tak tahu mengenai ciri-ciri kelinci hamil. Padahal tanda-tandanya begitu mudah dikenali.

Dewasa ini, budidaya ternak kelinci menjadi incaran empuk bagi para pengusaha karena cukup menjanjikan. Permintaan pasar untuk daging hewan ini terbilang tinggi karena rasanya yang lezat dan juga memiliki banyak protein serta rendah kolesterol. Selain itu mudahnya hewan ini untuk berkembang biak menjadikan banyak orang menggeluti budidaya kelinci sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.

Untuk dapat memaksimalkan keuntungan dari bisnis ternak kelinci, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan. Contohnya seperti menyiapkan kandang, memilih indukan , memberi pakan, mengawinkan dan masa panen ternak. Tingkat kelahiran menjadi salah satu tolak ukur produktivitas ternak hewan ini. Dengan demikian, kita perlu mengenali ciri-ciri kelinci hamil sehingga bisa memberikan perlakuan yang sesuai.

Ciri-Ciri Kelinci Sedang Hamil

Berikut ini adalah ciri-ciri kelinci hamil yang dapat diamati oleh peternak pemula.

1. Lebih Agresif

Kelinci yang sedang hamil biasanya akan terlihat lebih agresif atau galak dari biasanya, bahkan tidak mau dikawinkan dengan kelinci jantan. Untuk itu, anda perlu hati-hati ya karena bisa jadi binatang ini menyerang anda

2. Selalu merasa lapar

Layaknya manusia umumnya, saat hamil kelinci juga memiliki nafsu makan yang tinggi karena merasa mudah lapar. Hal ini terjadi karena harus memenuhi nutrisi untuk dirinya dan janinnya

3. Suka mengorek tanah

Suka mengorek-ngorek kandang atau tanah menjadi tingkah laku yang alamiah untuk seekor kelinci yang sedang hamil. Ini merupakan bentuk persiapan untuk membuat sarang bagi anak-anaknya agar merasa aman.

4. Perut terlihat lebih besar

Ciri yang mudah dikenali ialah bentuk perut lebih besar daripada biasanya. Bentuk janin berbentuk bulatan kecil yang bisa diketahui dengan meraba bagian bawah perutnya.

5. Mulut dan hidung memerah

Saat usia kehamilan 23 hari mulut dan hidungnya akan lebih dari biasanya.

6. Bulu-bulu rontok

Di saat usia kehamilan sudah menua dan mendekati kelahiran biasanya bulu-bulunya akan mudah rontok. Di saat itulah anda sudah menyiapkan tempat untuk persiapan kelahiran bayi kelinci.

Demikianlah ciri-ciri kelinci hamil yang dapat anda ketahui untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar budidaya ternak kelinci ini bisa berproduktivitas dengan baik sehingga bisa memaksimalkan keuntungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online