Bagaimana Cara Menjinakkan Kucing Liar? Begini Langkah Mudahnya

Apakah Anda pernah mendapatkan cakaran kucing ketika mau mendekatinya? Atau bahkan gigitannya? Jika iya, Anda perlu mengetahui cara menjinakkan kucing liar.

Kucing kampung (liar/domestik) dalam bahasa inggris dinamakan moggy memang sering menjaga ekstra kewaspadaan terhadap manusia. Insting mereka mengatakan bahwa manusia adalah sebuah ancaman, jika hewan ini belum pernah berinteraksi dengan manusia sama sekali. Lagipula kucing lokal tersebut lahir di alam bebas.

Kunci Sukses Cara Menjinakkan Kucing Liar

Metode-metode cara menjinakkan kucing itu banyak, namun Anda perlu mempelajari hal-hal dasarnya terlebih dahulu. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Perkenalan

Peribahasa ‘tak kenal maka tak sayang’ tidak hanya berlaku buat sesama manusia, tetapi juga berlaku antara kucing dengan manusia. Mendekati kucing liar membutuhkan sentuhan-sentuhan manis dan tahapan sedikit demi sedikit karena mereka mempunyai insting keprotektifan yang tinggi.

Pertama kali berinteraksi dengan kucing liar, Anda perlu berusaha memberikan pengertian kepadanya bahwa Anda bukanlah ancaman. Akan tetapi, justru ingin berteman dengan makhluk imut itu. Anda bisa mendekatinya dengan duduk di sampingnya, mencoba mengelus secara perlahan. Jika si Muggy tidak mau berinteraksi, Anda jangan memaksa menyentuhnya supaya tidak kena cakar atau gigitannya.

Mengerti bahasa tubuh kucing

Proses penyampaian pesan kucing bisa dilihat melalui pergerakan tubuhnya. Anda bisa melihat dari mata, telinga, suara (meong), dan ekornya. Contohnya ialah binatang ini terlihat bahagia ketika ekor naik ke atas tanpa bergetar, namun jika bergetar hebat bertanda dia sedang marah. Jika Anda bisa memahami bahasa tubuhnya, akan lebih memudahkan untuk menjinakkannya.

Memberi makan

Kucing liar biasanya mencari makanan di mana saja, asal perut tidak keroncongan. Anda yang mau pedekate dengan hewan tersebut bisa nih dengan memberikan makanan favoritnya. Kucing kampung sangat suka makan ikan, biasanya dia jarang menyentuh makanan seperti wiskas.

Anda bisa menyediakan makanan di mana hewan itu biasa bermain. Mungkin awalnya ia akan malu-malu atau merasa takut. Akan tetapi, Anda bisa menarik perhatiannya dengan mendekatkan ikan, sambil memanggil ‘puss…pusss”. Lalu meletakkan ikan di tempat makan dan lakukan secara berulang-ulang. Anda sebaiknya memberikan makanan dengan hidangan yang sehat dan bersih.

Setelah langkah-langkah dasar cara menjinakkan kucing dilakukan, hewan ini biasanya akan tertarik dengan Anda. Tandanya ialah ia akan mengikuti ke manapun Anda pergi. Selain itu sekali Anda bersuara, kucing akan mendekati dan bahkan dengan manjanya mengajak bermain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online