8 Cara Memandikan Anjing Yang Mudah Dan Praktis

Anjing sebagai binatang mamalia yang sangat menggemaskan untuk dijadikan hewan peliharaan. Banyak orang memelihara hewan yang terkenal setia ini untuk menjadi teman hidupnya. Saat melihat binatang kesayangannya dalam keadaan kotor, tentu itu membuat kita ingin segera memandikannya. Untuk anda yang nggak mau repot pergi ke salon petshop, terdapat beberapa cara memandikan anjing yang mudah dan praktis untuk dilakukan di rumah.

Cara Memandikan Anjing Agar Tidak Bau

Berikut cara memandikan anjing yang bisa dilakukan untuk anjing lovers.

1. Siapkan Peralatan Mandi

Siapkan beberapa peralatan seperti shampo khusus, ember, sisir handuk, sikat, spons, minyak sayur, gunting kuku dan pinset. Jangan lupa untuk menggunakan air hangat agar anjing merasa nyaman.

2. Potong Kukunya

Kuku anjing sering digunakan untuk mengorek tanah, jadi perlu dilakukan pembersihan untuk melindungi dari kuman. Potong kuku hewan ini sebelum mulai memandikannya agar tidak melukai anda saat proses pemandian berlangsung.

3. Potong Bulu

Potong bulu anjing di area-area tertentu seperti telapak kaki agar tidak licin saat berjalan dan juga sekitar dubur agar kotoran tidak tersangkut.

4. Basahi Tubuhnya

Basahi tubuh anjing dengan air hangat dimulai dari leher hingga ke seluruh tubuh. Kemudian beri shampoo khusus pada badannya. Usahakan jangan terkena area mata dan telinga bila perlu gunakan bola kapas untuk menutupi telinga.

5. Gosok dan Pijat

Gosok dan pijat seluruh badannya hingga shampo merata dan berbusa. Kemudian sikat bulunya menggunakan sikat halus untuk menghilangkan kotorannya. Gunakan waslap yang bersih untuk membersihkan area wajah hewan ini.

6. Bilas Hingga Bersih

Setelah semua selesai, bilas seluruh bagian 2 sampai 3 kali. Pastikan tidak ada shampo yang tersisa, dengan demikian ia benar-benar bersih.

7. Keringkan dengan Handuk

Keringkan tubuh binatang ini menggunakan kain atau handuk yang memiliki daya serap tinggi. Hal ini bertujuan agar bulu dan kulit anjing cepat kering, bisa juga menggunakan hairdryer.

8. Sisir Bulunya

Sisirlah agar bulu tidak kusut dan terlihat rapi. Sekarang si anjing sudah siap untuk diajak bermain lagi ya karena sudah tampil bersih dan segar.

Demikian cara memandikan anjing yang mudah dan praktis bisa dilakukan oleh semua orang. Proses memandikan bisa di rumah sehingga akan menghemat pengeluaran dan menambah kedekatan dengan si anjing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online