Agar Sehat dan Gemuk, Begini Cara Merawat Anak Kucing yang Ditinggal Induk

Kucing menjadi hewan yang cukup mudah berkembang biak, sehingga sering melahirkan. Sayangnya, induk kucing liar sering kali meninggalkan anak di sembarang tempat. Padahal, anakan yang baru lahir perlu mendapatkan perawatan khusus karena berbagai keadaan. Jika Anda menemukan anak kucing yang terbengkalai dan ingin memeliharanya, Anda perlu mempelajari cara merawat anak kucing yang benar.

5 Cara Merawat Anak Kucing yang Ditinggal Induk

Berikut adalah 5 cara merawat anak kucing yang ditinggal induk, antara lain:

1. Pastikan Tetap Hangat

Saat usianya belum mencapai 1 bulan, kucing biasanya akan kesulitan mengontrol suhu tubuhnya, sehingga akan mudah kedinginan. Dengan begitu, Anda perlu menyiapkan tempat tidur yang hangat dilapisi kain atau selimut kecil. Ini akan membantu mengontrol suhu tubuhnya tetap hangat.

2. Makanan

Seperti halnya bayi manusia, bayi kucing pun membutuhkan susu sebagai makanan wajib. Berikan susu formula khusus setiap dua jam sekali saat usianya masih kurang dari 1 bulan. Jika umurnya lebih dari 4 minggu, maka Anda bisa memberikan makanan biasa namun tetap dalam keadaan basah agar mudah dicerna.

3. Perawatan Setelah Makan

Usai makan, Anda harus membersihkan mulutnya dengan lembut. Selain itu, bersihkan pula anusnya menggunakan handuk basah untuk memudahkan buang air kecil maupun besar.

4. Periksakan ke Dokter

Anak kucing yang ditinggal oleh induknya akan sangat rentan dengan penyakit, karena tidak mendapatkan ASI dari induknya yang baik untuk kekebalan tubuh. Oleh karena itu, lebih baik Anda membawanya ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

5. Perhatikan Kebersihan Kandang

Anak kucing lebih rentan terkena serangan penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan kebersihan lingkungannya, terutama kandangnya. Pastikan untuk membersihkannya secara rutin.

Demikianlah beberapa cara merawat anak kucing yang ditinggal induk. Untuk mengontrol pertumbuhannya, maka Anda harus telaten mengecek kesehatan, pola makan, hingga kebersihan kandang. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online