Ketahui Cara Mengobati Ikan Arwana Kena Jamur dengan Baik

Arwana merupakan ikan yang sering dianggap sebagai pembawa keberuntungan, kekayaan dan kemakmuran. Banyak pemiliknya percaya apabila ikan ini diperlakukan dengan baik, maka akan melindungi dari kemalangan. Oleh karenanya, seorang pemilik arwana harus bisa merawat ikan ini secara benar, jika tidak, tentu akan menimbulkan berbagai penyakit, bahkan jamur. Ada berbagai cara mengobati ikan arwana kena jamur, termasuk ketiga cara berikut ini.

Cara Mengobati Ikan Arwana yang Terinfeksi Jamur

Jamur pada ikan arwana dapat muncul di mana saja, dan jika dibiarkan, jamur akan semakin meluas ke bagian tubuhnya yang lain.

Sebelum tahu cara mengobatinya, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui beberapa penyebab dari munculnya jamur ini agar dapat dicegah di lain waktu. Penyebabnya yaitu:

  • Kondisi akuarium yang buruk sehingga menimbulkan penyakit dan menyebabkan luka terbuka yang akan membuat jamur tumbuh. Arwana yang sehat memiliki lapisan lendir pada kulit, sehingga jamur tidak dapat berkembang.
  • Luka atau cedera fisik yang disebabkan oleh pasangan yang agresif.
  • Terserang parasit yang menciptakan luka terbuka untuk jamur tumbuh.

Sedangkan jika sudah terlanjur, Anda dapat melakukan 3 cara mengobati ikan arwana kena jamur berikut.

1. Gunakan Amoxan

Amoxan merupakan obat antibiotik yang mengandung Amoxicillin. Obat ini umum digunakan sebagai antibakteri. Obat ini memiliki kelebihan, yaitu selain menghilangkan jamur, juga tidak memiliki efek samping.

Cara mengobati arwana menggunakan obat ini adalah dengan menambahkan obat ini pada air akuarium yang telah diganti terlebih dahulu.Pada hari berikutnya, kuras air sebanyak 50%. Pengobatan ini dinilai memerlukan waktu 2 hingga 3 hari.

2. Gunakan garam dapur

Garam dapur dikenal dapat membantu membunuh kuman dan bakteri. Caranya adalah dengan merendam ikan pada air (30%) yang sudah bercampur garam sebanyak 1 hingga kilogram sekitar satu jam. Setelahnya, tambahkan air bersih ke akuarium.

3. Basmi secara manual

Selain menggunakan obat, Anda dapat menghilangkan jamur sendiri menggunakan tangan atau alat lainnya. Tapi metode ini butuh kesabaran untuk membuat ikan pusing sehingga mudah dikunci. Namun, hal ini tetap harus diawasi seseorang yang ahli dalam bidang ini.

Itulah beberapa cara mengobati ikan arwana yang kena jamur. Silahkan mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top