Tanpa Modal! Begini Cara Ternak Kutu Air Secara Alami

Kutu air merupakan salah satu jenis binatang yang masih dipandang sebelah mata oleh sebagian orang karena dapat menyebabkan gatal dan iritasi kulit. Namun siapa sangka, kutu air juga dapat dijadikan lahan bisnis di tangan sebagian orang. Kutu air merupakan salah satu makanan pokok bagi ikan, terutama anak ikan atau burayak. Oleh sebab itu, kutu air punya nilai ekonomi tinggi. Tak hanya itu, cara ternak kutu air juga tidak mengeluarkan ongkos yang besar. Anda bahkan bisa memulai ternak kutu air tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Yuk simak penjelasan berikut.

cara ternak kutu air Star Farm

Cara Budidaya Kutu Air Secara Alami Tanpa Aerator

Beternak kutu air sangat mudah dilakukan. Anda cukup memanfaatkan beberapa barang dan bahan makanan di sekitar anda. Meskipun demikian Anda perlu mengetahui cara-cara dasar dalam beternak terlebih dahulu. Berikut adalah cara ternak kutu air tanpa aerator nyaris tak perlu modal:

1. Membuat Wadah

Anda cukup menyiapkan baskom atau bak penampungan bekas lainnya. Pastikan bak penampungan cukup lebar namun tidak terlalu dalam. Apabila wadah sudah siap, saatnya anda mulai mencari bibit kutu air.

2. Menumbuhkan Bibit tanpa Modal

Pada dasarnya Anda dapat membeli bibit kutu air pada penjual ikan hias. Namun Anda juga dapat membuatnya sendiri sehingga tidak mengeluarkan uang sedikitpun. Caranya mudah, silahkan sediakan sayuran layu misalnya kol. Jenis sayur ini sangat mudah layu sehingga cepat mendatangkan kutu air. Tempatkan kol di atas wadah dan diamkan selama satu minggu. Agar hasil bibit berkualitas, tutup wadah dengan kain agar tidak dijadikan sarang nyamuk dan menghindari paparan sinar matahari.

3. Perawatan dan Proses Panen

Anda dapat menambahkan susu agar proses perkembangbiakan kutu air dapat berjalan dengan cepat. Caranya cukup campurkan susu bubuk yang sudah dilarutkan air ke dalam wadah. Jangan sampai pemberian susu berlebihan karena justru akan membuat kutu mati. Setelah satu bulan, Anda dapat melakukan pemanenan. Apabila dirasa sudah terlalu banyak, Anda dapat melakukan panen setiap seminggu sekali.

Itulah cara ternak kutu air yang benar. Anda bisa mempraktikkan di rumah, mudah bukan? Apabila Anda ingin menekuni bisnis ini, Anda dapat menggabungkannya dengan usaha ternak ikan sehingga tidak perlu repot mencari pembeli saat panen kutu air dilakukan. Anda dapat memanfaatkannya sebagai pakan ikan Anda. Selamat mencobanya di rumah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top