Praktis! Ini Dia Cara Ternak Kroto Agar Berhasil Untuk Pemula

Mungkin Anda sering mendengar istilah kroto dalam bidang pakan hewan, terutama pakan burung atau ikan. Kroto merupakan pakan yang berasal dari larva bercampur telur yang dihasilkan semut rangrang.

Kroto sering kali digunakan sebagai pakan burung maupun pakan ikan karena memiliki kandungan gizi dan protein tinggi, sehingga sangat diminati. Dengan peminat yang tinggi, kroto bisa menjadi salah satu lahan usaha yang cukup menjanjikan. Jika Anda tertarik berbisnis kroto, maka Anda harus mengetahui strategi dan cara ternak kroto yang baik dan benar terlebih dahulu.

abahtani.com

Cara Ternak Kroto Media Toples Bagi Pemula

Melakukan ternak kroto, berarti Anda harus menyiapkan beberapa hal agar semut cepat bertelur. Berikut adalah beberapa cara ternak kroto agar cepat bertelur yang bisa Anda ikuti sebagai pemula.

1. Pemilihan Bibit

Bibit yang digunakan adalah semut rangrang yang berada di alam bebas di mana biasanya terdapat di pohon mangga, mahoni, talok, dan lain sebagainya. Caranya, ambil sarang semut yang berada di pohon dengan memotong daunnya.

Lakukan dengan hati-hati, kemudian letakkan sarang tersebut di wadah yang terbuka agar tidak membuat semut berontak. Apabila Anda sulit mendapatkan semut di alam bebas, Anda bisa mendapatkannya dari peternak yang biasanya dibandrol dengan harga Rp 150-200 ribu.

2. Pembuatan Sarang

Umumnya ada dua macam wadah untuk ternak kroto, yaitu dengan menggunakan besek atau toples. Namun agar kroto lebih cepat bertelur, maka toples menjadi pilihan yang tepat. Wadah toples yang telah disediakan kemudian dijadikan sebagai sarang, dengan cara melubangi bagian bawah toples dengan diameter 5-7 cm, kemudian tutup lubang dengan lakban hingga merata.

Pada proses pengisian, masukkan sarang semut pada toples, kemudian tutup kembali toplesnya. Siapkan nampan lalu diisi air hingga mencapai setengah dari tinggi nampan. Letakkan dua bata pada bagian tengah nampan berhadapan, lalu letakkan toples berisi semut tadi di tengah-tengah bata

3. Pemberian Pakan

Pemberian pakan menjadi hal penting agar semut rangrang cepat bertelur dan bisa menghasilkan kroto. Beberapa pakan yang bisa diberikan untuk mempercepat pembuahan, antara lain: cicak, belalang, cacing tamah, larutan gula, cairan tebu, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa cara ternak kroto agar berhasil bagi pemula yang bisa Anda lakukan. Kroto biasanya dapat dipanen pada usia 4-6 bulan terhitung setelah dibuat. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top