Khusus Pemula! Begini Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen

Ayam potong juga sering kali disebut dengan ayam negeri pedaging atau broiler yang dimanfaatkan dagingnya. Ayam jenis ini adalah ayam yang permintaannya yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Hal tersebut dikarenakan ayam pedaging cenderung memiliki daging yang lebih banyak, empuk, dan cepat dalam proses pemasakan. Nah, apabila Anda ingin ternak ayam yang satu ini, Anda perlu memperhatikan beberapa cara ternak ayam potong yang baik dan benar.

bisnisonlineusaharumahan.com

Cara Ternak Ayam Potong Agar Cepat Besar

Ayam potong biasanya dapat diambil dagingnya atau dipanen saat berat daging telah mencapai 2 kg. Namun, untuk mencapai angka berat ideal ayam potong, yuk simak dahulu cara ternak ayam potong agar cepat besar!

1. Lokasi Kandang

Seperti ternak hewan lainnya, kandang juga menjadi hal vital ketika Anda ingin ternak ayam potong. Saat membuat kandang, Anda harus menentukan lokasi yang jauh dari pemukiman agar tidak mengganggu warga. Perhatikan AMDALnya dan tangani pengolahan limbah sesuai aturan yang berlaku.

Untuk ayam jenis ini, Anda bisa menggunakan tipe kandang panggung agar kotoran tidak berkumpul di kandang. Berikan wadah atau alas tempat kotoran di bawah kandang panggung agar lebih mudah dibersihkan, jangan lupa untuk memastikan sirkulasi udara yang cukup bagi ayam.

2. Mengatur Suhu Kandang Sesuai Umur Ayam

Pada ayam umur 1-7 hari, sebaiknya ditempatkan pada suhu kandang sekitar 34-32 derajat celsius, pada usia 2-14 hari 29-27 derajat celcius, usia 15-21 hari 26-25 derajat celcius, usia 21-28 hari 24-23 derajat celcius, sedangkan pada usia 29-35 hari sekitar 23-21 derajat celcius.

3. Pemilihan Bibit

Bibit ayam potong yang berkualitas biasanya memiliki ciri, antara lain: lincah, suara nyaring, sayap simetris, mata bening, tubuh tegap, dan kaki tidak pincang. Anda bisa mendapatkan ayam berkualitas pada peternakan skala besar maupun perusahaan kemitraan.

4. Pemberian Pakan yang Tepat

Saat ternak ayam, pakan memiliki peran penting sebagai pemenuhan nutrisi yang baik. Anda bisa membeli pakan ayam di toko dengan kualitas premium dalam bentuk dedak atau lainnya. Semakin baik kualitas, maka semakin baik pula untuk perkembangan ayam. Jangan lupa sediakan minum juga untuk ayam-ayam Anda

5. Vaksin

Pada ayam potong, vaksin menjadi hal yang penting karena ayam nantinya akan dikonsumsi baik oleh manusia maupun hewan lain. Oleh karena itu, dengan vaksin secara rutin akan menghindarkan ayam serangan virus yang bukan hanya berbahaya untuk ayam namun juga untuk manusia.

Itulah beberapa cara ternak ayam potong yang baik dan benar. Ayam bisa Anda panen setelah beratnya minimal mencapai 2 kg, lebih berat sedikit lebih baik. [ganti lainnya, di atas sudah bahas ini]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *