Panduan Cara Ternak Kambing Agar Cepat Beranak, Untung Besar!

Kambing menjadi salah satu hewan mamalia yang banyak dimanfaatkan oleh manusia baik untuk dikonsumsi dagingnya maupun air susunya. Apalagi jika Anda menilik banyaknya kreasi kuliner dengan bahan dasar kambing yang sangat beragam, sehingga permintaan pada hewan tersebut terus meningkat. Hal ini yang membuat bisnis di bidang peternakan khususnya kambing juga cukup marak karena hasilnya bisa sangat menjanjikan. Apabila Anda berminat untuk terjun di bisnis peternakan kambing, sebaiknya pelajari cara ternak kambing agar cepat gemuk dan beranak.

www.berwirausaha.net

Cara Ternak Kambing Agar Cepat Besar dan Gemuk

Saat Anda ingin ternak kambing, hal utama yang harus dipikirkan adalah modal dan tempat beternak yang tersedia. Ketika modal dan tempat sudah ada, maka Anda harus ikuti beberapa cara ternak kambing berikut ini.

1. Pembibitan

Sebagai langkah awal, Anda bisa memilih kambing dengan umur 6-8 bulan sehingga sudah berada di masa kawin. Saat memilih kambing, perhatikan ciri-ciri tubuhnya, seperti kecacatan, kondisi bulu, garis pinggang, hingga kebersihan anusnya. Jangan lupa untuk memastikan, bahwa yang Anda beli adalah kambing dengan jenis kelamin yang berbeda.

2. Pakan

Pakan tentu menjadi hal paling penting sebagai pemenuhan nutrisi kambing-kambing Anda. Umumnya, para peternak kambing akan memberikan rumput dan dedaunan hijau sebagai makanan utama, namun itu saja nyatanya tidak cukup.

Anda bisa menambahkan pakan lain, seperti ampas tahu, ampas tempe, singkong, hingga bekatul untuk menambah nutrisi kambing. Meskipun diberi tambahan, pakan utama kambing tetaplah rumput dan dedaunan hijau.

Pemberian pakan bisa Anda lakukan sehari 2 kali sehari di pagi dan sore. Sesekali beri juga vitamin untuk kambing demi menjaga daya tahan tubuhnya.

3. Panen

Kambing bisa Anda jual kembali ketika sudah berumur 9 bulan keatas karena kondisi dagingnya yang sudah bagus dan sudah dewasa. Akan lebih menguntungkan jika kambing yang siap dijual kembali bertepatan pada hari-hari besar, seperti hari raya Idul Adha di mana permintaan kambing akan meningkat dan harganya pun akan naik.

Demikianlah beberapa cara ternak kambing bisa Anda lakukan sendiri. Selain memperhatikan pakannya, Anda juga perlu memperhartikan kondisi kandang kambing dengan membersihkannya secara berkala. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *