Yuk Pelajari Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil Bagi Pemula

Ayam menjadi salah satu hewan ternak yang paling sering dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari daging, telur, bulu, bahkan kotorannya. Tak mengherankan jika ternak ayam menjadi sebuah usaha yang cukup menjanjikan karena permintaan pasar semakin meningkat. Jika Anda sama sekali tidak berpengalaman, berikut adalah beberapa cara ternak ayam petelur bagi pemula yang dengan mudah bisa Anda ikuti. Yuk simak!

cara ternak ayam petelur Star Farm
youtube.com

Cara Ternak Ayam Petelur Rumahan Bagi Pemula

Ayam petelur adalah ayam betina yang mampu untuk bertelur dalam jumlah banyak, terus menerus, bahkan setiap hari. Ada beberapa cara ternak ayam petelur bagi pemula, antara lain:

1. Persiapan Lokasi Kandang

Persiapan pertama dalam ternak ayam petelur adalah menyiapkan kandang atau lokasinya. Usahakan kandang berada tak terlalu dekat dengan pemukiman, sehingga baunya tidak mengganggu warga sekitar. Selain itu, lokasi kandang yang tidak terlalu ramai juga akan menghindarkan ayam dari stres. Buatlah kandang jenis umparan atau koloni di mana menempatkan ayam berada dalam satu kandang.

2. Pemilihan Indukan Ayam

Saat memilih bibit ayam petelur, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti: sehat, bulu tertutup rata, tidak cacat, dan berasal dari indukan yang unggul. Jika memilih bibit ayam petelur dari anakan, maka Anda harus memastikan bahwa ayam tersebut tidak memiliki cacar di tubuhnya, berukuran normal, dan tidak ada sisa-sisa feses dalam duburnya.

3. Pakan dan Vaksin

Setelah menemukan ayam-ayam petelur yang akan diternak, maka langkah berikutnya adalah memberi pakan yang seimbang. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan dedak maupun jagung giling di mana pakan tersebut kaya akan protein, kalsium, hingga vitamin. Sediakan pula air untuk minum. Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi dan pemberian vitamin secara rutin agar ayam terhindar dari virus.

4. Panen

Ayam petelur biasanya akan mulai bertelur setelah mencapai 4 bulan, ayam-ayam tersebut bisa menghasilkan telur setiap hari. Untuk menjaga kualitas telur sebelum dipasarkan, pastikan telur-telur Anda normal, tidak berbentuk terlalu besar, kecil, lonjong, atau gepeng.

Demikianlah beberapa cara ternak ayam petelur bagi pemula yang bisa Anda terapkan sendiri dengan mudah. Untuk menjaga kesehatan ayam, jangan lupa untuk membersihkan kandang dan tempat makan ayam secara berkala. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *