Tak Perlu Lahan Luas, Begini Cara Ternak Burung Puyuh Untuk Pemula

Banyak orang yang ragu untuk ternak hewan dengan alasan keterbatasan ruang yang dimiliki. Tapi tenang, Anda masih bisa ternak hewan dengan ruangan sempit sekalipun, yaitu ternak burung puyuh. Sebab ternak hewan yang satu ini Anda hanya membutuhkan kandang selebar 100×80 cm dengan tinggi dua meter di mana bisa menampung 200 ekor burung puyuh. Tak hanya hemat tempat, burung puyuh juga akan menghasilkan banyak keuntungan karena bisa menghasilkan satu telur setiap hari. Nah, jika Anda mulai tertarik untuk ternak burung puyuh, maka Anda bisa melakukan beberapa cara ternak burung puyuh di bawah ini.

arenahewan.com

Cara Beternak Burung Puyuh Pedaging Agar Cepat Bertelur

Burung puyuh sering kali dimanfaatkan telur dan dagingnya untuk diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Oleh karena itu, permintaan terhadap daging dan telur puyuh selalu meningkat dari waktu ke waktu. Jika Anda akan memelihara puyuh sebagai lahan usaha, berikut beberapa cara ternak burung puyuh pedaging ala rumahan ini.

1. Pembuatan Kandang

Kandang untuk burung puyuh dibuat beberapa layer, seperti rak namun ada penutupnya. Layer-layer kandang tersebut memiliki fungsi yang berbeda, antara lain kandang yang berfungsi untuk proses pembibitan, kandang induk, kandang anak burung, dan dan kandang pertumbuhan.

2. Pemilihan bibit

Untuk memilih bibit sendiri. Ada 2 cara yang berbeda yang disesuaikan dengan tujuan ternak, yakni:

  • Pilih jenis puyuh ketam betina yang sehat jika ternak Anda bertujuan untuk memproduksi telur untuk konsumsi. Sedangkan jika tujuannya untuk memproduksi telur tetas, maka Anda harus memilih burung puyuh betina yang dapat memberikan produksi tinggi dan pilih puyuh jantan siap kawin.
  • Untuk tujuan produksi daging, maka pilih puyuh jantan atau betina yang sudah afkir atau sudah tidak bereproduksi lagi.

3. Perawatan

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam proses perawatan burung puyuh, seperti kebersihan kandang dan sanitasi yang harus baik, kontrol penyakit secara berkala, dan pemberian makan seimbang. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan tepung, pellet, hingga remah-remah sebagai pakan utama.

Itulah tahapan cara tenak burung puyuh agar cepat bertelur yang bisa Anda lakukan. Meski dengan keterbatasan ruang, hal ini tak menjadi penghalang. Selain daging dan telurnya, bulu dari burung puyuh juga bisa dijual pada para produsen kerajinan tangan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top