Mudah, Ini Dia Cara Ternak Bebek Bagi Pemula

Bebek menjadi salah satu jenis unggas yang menguntungkan untuk dibudidayakan karena punya banyak manfaat. Bebek bisa dimanfaatkan dagingnya, telur, hingga bulunya, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Jika Anda ingin mencoba ternak bebek, maka sebelumnya Anda harus mengetahui beberapa cara ternak bebek yang baik dan benar untuk pemula.

cara ternak bebek Star Farm
faktualnews.co

Cara Ternak Bebek untuk Pemula

Dalam ternak hewan apapun, persiapan dan pengetahuan tentu menjadi hal yang penting agar peternakan bisa berhasil. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara ternak bebek paling dasar berikut ini.

1. Kandang Bebek

Ada beberapa macam kandang bebek yang biasanya dibuat oleh peternak bebek, namun jika Anda seorang pemula maka jenis kandang yang tepat adalah kandang baterai. Kandang tersebut bentuknya hampir mirip dengan kandang ayam petelur biasa.

Kandang jenis ini bisa diisi oleh seekor itik dewasa dengan ukuran 50x50x45 cm. Namun jika Anda memelihara lebih dari satu ekor, buatlah kandang baterai berkelompok yang bisa dihuni oleh 5 ekor itik.

Kandang bebek jenis ini bisa dibuat menggunakan bambu maupun kawat, tergantung selera Anda. Kandang ini sangat cocok jika yang Anda ternak adalah bebek jenis petelur.

2. Pembibitan

Setelah tempat hidup bebek siap, maka langkah kedua adalah pembibitan. Pilih induk bebek yang siap bertelur atau siap kawin dengan kualitas yang baik. Ada tiga cara dalam memilih bibit bebek, antara lain:

  • Membeli bebek yang sudah siap menetaskan telur
  • Bebek indukan, jantan dan betina yang siap kawin
  • Membeli bebek di tempat peternakan di mana memiliki ciri-ciri: tidak sakit, cacat, dan warna bulu kuning mengkilap

3. Pakan

Cara memberikan pakan bebek ialah sehari 2 kali, yaitu di pagi dan sore hari. Baiknya setiap jam 7 pagi dan 5 sore. Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan tambahan di siang hari sekitar jam 12.

Berikan pakan dengan suhu sedang atau tidak terlalu panas dan tidak menggantinya secara tiba-tiba. Anda bisa memberikan dedak, aking, menir, dan jagung sebagai sumber karbohidrat. Sedangkan untuk sumber proteinnya, Anda bisa memberikan bekicot, ikan kecil, keong sawah, dan lain sebagainya.

4. Panen

Bebek bisa bertelur mencapai 200-250 butir per tahun di mana waktu yang tepat pengambilan telur adalah ketika pagi hari, pukul 6-7.

Demikianlah beberapa cara budidaya bebek yang bisa Anda lakukan sebagai pemula. Agar perkembangan bebek tetap baik, maka Anda perlu melakukan vaksin untuk menghindari serangan virus berbahaya yang biasanya menjangkit unggas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top