Usaha Menjanjikan! Yuk Ikuti Cara Ternak Ikan Gabus agar Sukses

Anda tentunya sudah sering melihat seseorang beternak lele, nila, maupun gurame. Namun bagaimana dengan peternak ikan gabus? Ya, masih jarang orang membudidayakan ikan gabus. Padahal ikan ini memiliki omset yang cukup menjanjikan. Pasalnya ikan ini biasa dibanderol dengan harga 30.000 hingga 40.000. Jauh lebih mahal ketimbang ikan lele bukan? Apabila Anda tertarik untuk membudidayakannya, berikut informasi menarik mengenai cara ternak ikan gabus.

Langah-Langkah Budidaya Ikan Gabus

Karena harganya yang cukup tinggi, perawatan ikan gabus memang gampang-gampang susah. Dibutuhkan kesabaran di awal budidaya karena masa panennya yang lama, yakni 6 hingga 7 bulan. Meskipun demikian, hal ini akan terbayar dengan omset yang juga tinggi tentunya. Modal awal yang Anda perlukan untuk beternak ikan gabus adalah pengetahuan mengenai cara beternak yang baik dan benar. Inilah beberapa cara budidaya ikan gabus yang dapat Anda praktikkan sebagai pemula:

1. Menyiapkan Kolam

Sebagai pemula, Anda dapat memulai bisnis ini dengan jumlah yang sedkit untuk meminimalisir kerugian. Buatlah kolam sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Misalnya kolam dari tanah, beton ataupun menggunakan beton. Diantara ketiganya, kolam tanah adalah kolam yang paling mudah dan murah untuk dibuat. Pastikan kolam dibuat cukup dalam karena ikan gabus sifatnya lincah sehingga mudah melompat.

2. Memilih Indukan

Memilih indukan yang berkualitas tentu akan meningkatkan peluang omset yang besar. Pilihlah indukan jantan dan betina yang sehat dan memiliki berat di atas 1 kg. Anda dapat memulai dengan jumlah sedikit, misalnya 20-30 ekor terlebih dahulu.

3. Memulai Ternak Ikan Gabus

Apabila semuanya telah siap, Anda dapat memulai proses pemijahan. Masukkan indukan jantan dan betina ke kolam. Sediakan enceng gondok dengan jumlah yang cukup agar proses pemijahan berlangsung cepat. Apabila telur sudah menetas, pindahkan telur dalam bak khusus untuk mencegah telur dimakan kembali oleh indukan.

Ingat, ikan gabus adalah ikan kanibal sehingga sangat mungkin saling memakan satu sama lain. Anda dapat memberi makan ikan gabus kecil dengan naupli artemia maupun daphina. Setelah 2 minggu, Anda dapat menyebarkan ikan gabus kecil ke kolam. Anda dapat memberinya pakan berupa pellet, rayap, ikan teri, maupun ikan kecil lain.

Itulah beberapa cara usaha ternak ikan gabus bagi Anda yang masih pemula. Pastikan Anda rutin memisahkan ikan berukuran besar, sedang, dan kecil agar budidaya Anda berjalan sukses. Selamat mencobanya di rumah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *