Pasti Berhasil! Berikut Panduan Cara Ternak Domba bagi Pemula

Domba merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dijumpai di sekitar kita. Layaknya pohon kelapa yang memiliki seribu guna, seluruh bagian tubuh domba juga dapat dimanfaatkan dan dijual dengan nilai ekonomi tinggi. Mulai dari daging, bulu, susu, hingga kotoran domba memiliki pangsa pasarnya masing-masing. Terlebih domba tidak memiliki aroma bau khas layaknya kambing sehingga beternak domba lebih mudah dilakukan meskipun Anda tidak memiliki lahan yang luas atau berdekatan dengan permukiman penduduk. Apabila anda tertarik untuk memulai usaha ternak domba, Anda sebaiknya mengetahui cara ternak domba terlebih dahulu.

Cara Ternak Domba Modern

Sama halnya dengan beternak kambing, beternak domba juga membutuhkan modal yang cukup saat memulai bisnis. Anda akan menghabiskan sebagian besar modal awal untuk membeli indukan serta mempersiapkan kandang. Namun jangan khawatir, modal Anda akan terbayar ketika Anda berhasil menjual domba-domba Anda dengan harga yang tinggi. Berikut adalah langkah cara ternak domba bagi pemula:

1. Persiapkan Kandang yang Nyaman

Salah satu kunci keberhasilan dalam beternak adalah pemilihan kandang yang nyaman untuk menghindari ternak mengalami stres. Kandang domba sebaiknya berada di area terbuka, jauh dari kebisingan, dan memperoleh sinar matahari pagi yang cukup. Anda dapat membuat kandang model panggung untuk menghindari kemungkinan terjadinya banjir. Selain itu, pastikan ukuran kandang sesuai dengan jumlah domba agar kandang tidak terlalu sempit.

2. Persiapkan Indukan yang Berkualitas

Memilih indukan berkualitas akan meningkatkan potensi keuntungan yang akan Anda peroleh. Pilihlah indukan yang berusia 1,5 hingga 2 tahun. Pastikan domba tidak memiliki cacat, tubuh tegap, sehat, nafsu makan baik, dan tentunya memiliki nafsu kawin yang tinggi.

3. Perawatan

Domba dapat diberi makan berupa pakan hijauan (rumput dan dedaunan) serta pakan konsentrat. Banyaknya pakan yang dikonsumsi oleh domba ialah sebanyak 10 hingga 20 persen dari bedan badannya. Kemudian, domba minum 3 sampai 4 liter setiap harinya. Untuk itu, pastikan kebutuhan pakan dan minum tercukupi setiap hari. Tak lupa jagalah kebersihan kandang dengan rutin membersihkan kotoran dan melakukan pencucian kandang secara berkala.

Itulah beberapa cara ternak domba agar cepat besar yang Anda lakukan sebagai pemula. Agar Anda memperoleh keuntungan lebih, kumpulkan kotoran domba dan olah menjadi pupuk alami. Seorang peternak asal Bandung, yang memulai bisnis ini dengan tujuh ekor domba, bahkan mampu menghasilkan keuntungan 33 juta per bulan setelah beberapa tahun saja. Asalkan ada kesabaran dan kemaunan yang kuat, Anda juga pasti bisa memperoleh keuntungan yang besar dari bisnis ini. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top