Dijamin Cepat Bertelur! Simak Cara Ternak Burung Murai bagi Pemula

Burung murai merupakan salah satu burung kicau yang banyak diminati oleh orang Indonesia. Keindahan warna dan kicauannya yang khas membuatnya sering dipelihara sebagai hobi, termasuk oleh Presiden Joko Widodo. Sayangnya, tak banyak yang memanfaatkan hobi tersebut sebagai ladang memeroleh rupiah. Padahal burung murai memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, khususnya murai batu yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis ternak murai, yuk simak penjelasan cara ternak burung murai berikut ini!

cara ternak burung murai

Tips Cara Ternak Burung Murai Bagi Pemula

Memulai bisnis murai tidaklah sulit, asal tahu caranya. Syarat utama untuk beterak murai adalah kemauan dan keuletan. Terlebih bagi Anda yang memiliki hobi memelihara murai, mengapa tidak sekalian Anda manfaatkan peralatan yang telah Anda miliki sebagai ladang bisnis? Inilah cara ternak burung murai agar cepat bertelur yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Menyediakan Kandang yang Nyaman

Salah satu penyakit yang sering menimpa burung murai adalah stres. Oleh karena itu, siapkan kandang dengan ukuran yang cukup luas sehingga burung murai tetap dapat terbang di dalam sangkarnya. Sebaiknya kandang memeroleh sinar matahari yang cukup, terutama matahari pagi. Namun pastikan kandang memiliki atap sehingga murai dapat berteduh saat siang hari.

2. Memilih Bibit Berkualitas

Murai memiliki banyak varian. Anda dapat memilih varian murai sesuai dengan kesukaan serta kemampuan finansial Anda masing-masing karena berbeda varian dapat berbeda pula harganya. Pilihlah burung murai betina yang berusia satu hingga dua tahun karena usia tersebut adalah usia pas bagi murai untuk bereproduksi. Sebaliknya, pilihlah burung murai jantan yang telah berusia di atas dua tahun.

3. Pemeliharaan

Murai membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempercepat proses perkembangbiakannya. Sebaiknya berikan makanan yang bervariatif dengan pakan alami, buatan, atau campuran keduanya. Berikan vitamin secara berkala untuk menjaga kesehatan murai.

Tak lupa, berikan makanan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti jangkrik, belalang, atau cacing. Agar burung murai tidak mudah stres, pastikan sangkar selalu dalam keadaan bersih. Bersihkan tempat pakan, minum, dan penampungan kotoran setiap hari. Anda juga dapat melakukan pembersihan sangkar minimal seminggu sekali.

Itulah beberapa cara ternak burung murai yang dapat Anda lakukan di rumah. Memelihara burung murai memang membutuhkan kesabaran, namun hal tersebut sebanding dengan harga jual burung murai yang dapat mencapai jutaan rupiah. Tak ada salahnya Anda mulai mengembangkan hobi menjadi lahan bisnis. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *