Menyehatkan! Inilah Jenis Pakan Kelinci Alami yang Paling Disukai

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan kelinci. Salah satu hewan menggemaskan ini banyak dipilih sebagai hewan peliharaan karena perawatannya yang bisa dibilang cukup mudah. Selain sebagai peliharaan, tak jarang daging kelinci juga dikonsumsi dalam olahan sate. Bagi sebagian orang, daging kelinci dinilai lebih lezat ketimbang daging ayam. Apabila Anda termasuk salah satu pecinta kelinci dan berencana untuk memeliharanya, ada baiknya Anda mengetahui pakan kelinci alami karena salah satu kelemahan kelinci adalah pencernaan yang sedikit rewel dan sensitif.

Jenis Pakan Kelinci Alami

Pada dasarnya kelinci menyukai berbagai jenis sayuran, buah-buahan, maupun kacang kacangan. Namun ada juga beberapa tanaman yang pantang diberikan kepada kelinci karena dapat menyebabkan masalah pencernaan, diantaranya adalah kol, rumput gajah, kangkung, hingga daun dan umbi gadung. Lalu, pakan kelinci yang alami apa saja yang aman dan paling disukai? Berikut adalah informasinya untuk Anda:

Jerami dan Pelet

Bagi kelinci, jerami layaknya nasi bagi manusia. Jerami merupakan makanan pokok bagi kelinci. Anda dapat memberikan jerami kering maupun jerami olahan pabrik. Anda harus memastikan bahwa kelinci diberikan jerami setiap hari. Jerami merupakan sumber asupan protein, kalsium, serta vitamin yang baik. Jerami juga mampu menjaga kesehatan gigi karena kandungan gulanya yang rendah. Namun perlu diperhatikan bahwa jerami yang diberikan sebagai pakan sebaiknya tidak mengandung alfalfa. Meskipun baik bagi hewan lain seperti kambing, namun alfalfa tidak terlalu bagus bagi kelinci karena kandungan kalorinya yang tinggi dan dapat merusak gigi kelinci.

Makanan Segar

Makanan segar dapat berasal dari berbagai sayuran, dedaunan, buah-buahan, maupun biji-bijan. Tambahkan makanan segar saat Anda memberikan makanan pokok pada kelinci. Makanan segar harus diberikan sebanyak 75% setiap harinya.

Anda juga dapat menambahkan buah-buahan sebanyak 1-2 sendok makan untuk setiap 2,5 kg berat kelinci. Sebagai catatan, pastikan makanan segar yang Anda berikan sudah dalam keadaan layu untuk mengurangi kadar air dan getah yang dapat menyebabkan masalah pencernaan pada kelinci.

Itulah beberapa pakan kelinci alami yang dapat Anda berikan pada hewan lucu tersebut. Beberapa makanan segar yang menjadi favorit kelinci diantaranya adalah bayam, sawi hijau, brokoli, mangga, pepaya, labu kuning, pak choy, hingga wortel.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *