Mudahnya Cara Ternak Bekicot dalam Drum bagi Pemula

Anda pasti sering menjumpai bekicot di sekitar rumah, terutama jika rumah Anda masih dikelilingi tanaman maupun pekarangan. Mungkin sebagian orang menganggap jijik hewan kecil ini, namun tahukah Anda bahwa bekicot dapat dijadikan peluang bisnis? Bekicot biasa dijadikan sebagai pakan ternak, misalnya pada ikan maupun ayam.

Kandungan protein dan asam amino yang tinggi menjadikan bekicot sering dijadikan sebagai sumber obat pada penyakit radang selaput mata, gatal-gatal, nyeri saat menstruasi, bahkan penyakit jantung. Apabila Anda tertarik untuk mencoba memulai bisnis ini, ada baiknya Anda mengetahui cara ternak bekicot dalam drum yang simpel terlebih dahulu.

cara ternak bekicot Star Farm

Cara Budidaya Bekicot dengan Drum

Beternak bekicot bisa dibilang sangat mudah. Anda tak perlu mengeluarkan modal yang besar maupun perawatan yang rumit. Anda bahkan bisa memanfaatkan drum yang sudah tidak terpakai lagi sebagai kandang. Namun Anda tentu perlu mengetahui tata cara budidaya bekicot dalam drum terlebih dahulu agar tidak gagal di tengah jalan. Berikut adalah informasinya untuk Anda:

1. Mempersiapkan Wadah Budidaya

Anda dapat menggunakan drum sebagai wadah budidaya bekicot. Selain praktis, brum juga mudah dibersihkan. Masukkan beberapa tanah liat serta kompos ke dalam drum sebagai sarana perkembangbiakan bekicot. Pastikan tanah liat yang Anda gunakan bagus sehingga tidak mudah ditumbuhi bakteri dan jamur.

Bekicot adalah salah satu hewan yang suka dengan lingkungan lembab. Oleh karena itu, pastikan tempat budidaya terjaga kelembabannya. Suhu terbaik untuk memelihara bekicot adalah 25 hingga 30°C. Agar bekicot tak lari keluar drum, jangan lupa memberikan tutup di atasnya. Meskipun demikian, bekicot tetap memerlukan sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan yang cukup. Buatlah lubang-lubang kecil pada drum, serta tempatkan drum di daerah yang terkena sinar matahari pagi. Apabila tempat sudah siap, kini saatnya Anda memilih indukan yang baik.

2. Memilih Bibit Indukan

Tak semua jenis bekicot dapat dibudidayakan melainkan hanya jenis tertentu saja. Jenis bekicot yang sering dibudidayakan ialah Achatina Fulcia dan Achatina Variegata. Anda dapat membelinya dari beberapa peternak, namun pastikan bibit indukan memiliki berat di atas 75 hingga 100 gram.

3. Merawat Bekicot

Perawatan bekicot cukuplah mudah. Anda hanya perlu memberinya pakan secara rutin. Guna meningkatkan mutu daging bekicot, Anda dapat memberi pakan berupa buah-buahan, dedaunan, maupun sayuran.

Itulah beberapa cara ternak bekicot dalam drum yang bisa Anda coba di rumah. Setelah 5-8 bulan Anda sudah bisa memanen bekicot. Pastikan bekicot yang Anda panen telah berukuran 8 hingga 10 cm. Selamat mencobanya di rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top